Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Kertas Baru di Samarinda

Bank Indonesia menyebutkan masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah tahun emisi 2022 di seluruh perbankan yang ada di Indonesia mulai hari ini.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  14:22 WIB
Simak! Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Kertas Baru di Samarinda
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Ricky P Gozali (kiri) menyerahkan Token of Appreciation kepada Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) sebagai pemilik dan pemegang pertama di Kaltim yang menjadi penanda mulai diedarkannya Uang TE 2022 di Kalimantan Timur. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Bank Indonesia menyebutkan masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah tahun emisi 2022 di seluruh perbankan yang ada di Indonesia mulai hari ini, 19 Agustus 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Ricky P Gozali menyatakan secara khusus di Samarinda, Bank Indonesia akan melakukan kas keliling selama satu minggu ke depan.

“Layanan kas keliling dimulai pukul 09.00-12.00 WITA dengan kuota penukar sebanyak 100 orang,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022).

Selain itu, Ricky menyebutkan pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Berikut jadwal dan lokasi penukaran uang rupiah kertas tahun emisi 2022:

  1. Jumat, 19 Agustus 2022 di Museum Samarendah.
  2. Senin, 22 Agustus 2022 di Mal Samarinda Central Plaza.
  3. Rabu, 24 Agustus 2022 di Mal Samarinda Square,
  4. Jumat, 26 Agustus 2022 di Mahakam Lampion Garden.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia secara resmi meluncurkan uang TE 2022 pada 18 Agustus 2022 di Jakarta.

Bank Indonesia Kaltim melakukan penyerahan Token of Appreciation (ToA) yang dimulai oleh Gubernur sebagai pemilik dan pemegang pertama di Kaltim yang menjadi penanda mulai diedarkannya Uang TE 2022 di Kalimantan Timur.

“Ketujuh pecahan uang rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 yang nomor serinya merupakan tahun lahir Gubernur Kalimantan Timur,” katanya.

Ricky menjelaskan, uang TE 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

“Terdapat tiga aspek inovasi penguatan uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik,” jelasnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa pengeluaran uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

“Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top