Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lestarikan Budaya Asli Bontang Kuala, Pupuk Kaltim Dukung Penuh Membeko Festival 2022

Membeko Festival didorong terlaksana setiap tahun sebagai salah satu daya tarik Bontang Kuala.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 28 Agustus 2022  |  17:23 WIB
Lestarikan Budaya Asli Bontang Kuala, Pupuk Kaltim Dukung Penuh Membeko Festival 2022
PT Pupuk Kalimantan Timur mendukung penuh Membeko Festival yang digelar Kelurahan Bontang Kuala bersama masyarakat, dalam memeriahkan HUT ke-77 RI. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG--Senam dan jalan sehat mengawali kemeriahan Membeko Festival 2022 yang digelar Kelurahan Bontang Kuala bersama masyarakat, dalam memeriahkan HUT ke-77 RI. Kegiatan yang didukung penuh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) ini terpusat di panggung adat Bontang Kuala, Sabtu (27/8/2022).

Membeko merupakan tradisi sarapan masyarakat adat Bontang Kuala sebelum beraktivitas guna menjaga tubuh lebih kuat dan penuh energi. Tradisi ini sempat hilang dan lama tidak dilaksanakan, sehingga dimunculkan kembali untuk mempertahankan adat istiadat bagi generasi penerus. Dalam konteks ini, Membeko Festival diselenggarakan sebagai bentuk syukur akan nikmat dan berkah kemerdekaan yang telah diraih, sebagai semangat dalam menjaga kesinambungan pembangunan daerah.

“Terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang telah mendukung penuh kegiatan ini, sehingga Membeko Festival bisa digelar dalam upaya mempertahankan adat dan budaya masyarakat Bontang Kuala,” ujar Lurah Bontang Kuala Suiza Ixan Saputro.

Membeko Festival kali ini menghadirkan 15 jenis makanan, terdiri dari 8 jenis makanan khas Bontang Kuala dan 7 makanan pendamping yang dihidangkan dalam 48 baki. Seluruh makanan digelar untuk disantap bersama masyarakat yang hadir.

Dikatakan Suiza, kegiatan ini didorong terlaksana setiap tahun sebagai salah satu daya tarik Bontang Kuala, guna mendukung potensi pariwisata daerah dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya asli masyarakat.

“Kami mendorong kegiatan ini bisa terus berlanjut, sehingga potensi Bontang Kuala sebagai destinasi wisata andalan Kota Bontang makin berkembang dalam menarik minat wisatawan,” tambah Suiza.

VP Pelayanan Umum Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengungkapkan perusahaan sangat mendukung terlaksananya Membeko Festival, sebagai wujud kedekatan dan kebersamaaan perusahaan dengan masyarakat. Hal ini pun sekaligus langkah Pupuk Kaltim dalam mendorong membeko sebagai tradisi yang wajib dipertahankan, sehingga dapat terus lestari dan berkembang menjadi potensi andalan sektor pariwisata Kota Bontang.

“Hal ini juga bentuk peran aktif Pupuk Kaltim terhadap pelestarian adat budaya, sebagai kekayaan dan kearifan lokal Bontang yang harus dipertahankan,” ujar Sugeng.

Dirinya pun memastikan Pupuk Kaltim akan terus hadir bagi masyarakat, melalui manfaat dan kontribusi di berbagai bidang. Termasuk perhatian terhadap pelestarian adat dan budaya yang setiap tahun turut didukung Pupuk Kaltim pada berbagai kegiatan. "Ini salah satu komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat Bontang yang akan terus ditingkatkan kedepannya," ucap Sugeng.

Wali Kota Bontang Basri Rase, mengungkapkan Pemerintah sangat mendukung membeko festival menjadi agenda tahunan, untuk pengembangan potensi pariwisata sekaligus mendorong Bontang sebagai sentra UMKM di Kalimantan Timur. Terlebih Pemkot Bontang telah menandatangani kerjasama dengan Kemenparekraf terkait pengembangan potensi pariwisata, sebagai bentuk kesiapan daerah menyambut IKN yang akan dilaksanakan melalui sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Ini sebagai upaya mendukung kesiapan Bontang dalam mendorong sektor pariwisata dan sentra UMKM di Kalimantan Timur, dengan mengedepankan potensi lokal sebagai keunggulan,” kata Basri.

Dirinya pun menegaskan agar kekayaan dan kearifan lokal terus dipertahankan, sehingga Bontang sebagai kota pariwisata berbasis budaya dan sentra UMKM unggulan mampu tercapai sesuai sasaran. Apalagi dua sektor ini disiapkan untuk menghadapi kesinambungan pembangunan pasca industri, dengan memastikan penguatan daya tarik daerah dalam mengembangkan potensi wisata dan ekonomi kreatif.

“Kami harap Pupuk Kaltim terus aktif memberikan dukungan, melalui kolaborasi dan sinergitas bersama Pemkot Bontang. Sehingga potensi yang kita miliki dapat dikembangkan dengan lebih optimal," pungkas Basri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top