Boyong 8 Medali, PB Pupuk Kaltim Raih Juara Umum Bayan Open 2022

PB PKT berhasil menempati posisi pertama dari 35 klub dan 700 atlet berbagai daerah yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.
Atlet binaan Persatuan Bulutangkis PT Pupuk Kalimantan Timur (PB Pupuk Kaltim) meraih predikat juara umum pada kejuaraan Bulutangkis Swasta Nasional Bayan Open 2022./JIBI-Istimewa
Atlet binaan Persatuan Bulutangkis PT Pupuk Kalimantan Timur (PB Pupuk Kaltim) meraih predikat juara umum pada kejuaraan Bulutangkis Swasta Nasional Bayan Open 2022./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Atlet binaan Persatuan Bulutangkis PT Pupuk Kalimantan Timur (PB Pupuk Kaltim) meraih predikat juara umum pada kejuaraan Bulutangkis Swasta Nasional Bayan Open 2022, yang berlangsung di BSCC Dome Balikpapan pada 30 Agustus - 4 September 2022. Sebanyak delapan medali berhasil diraih PB Pupuk Kaltim untuk kelompok usia dini, anak-anak, remaja dan taruna.

Raihan medali pada Bayan Open 2022 terdiri dari 4 Emas, 1 Perak dan 3 Perunggu. Medali emas diraih kategori Tunggal Usia Dini Putra, Tunggal Usia Dini Putri, Tunggal Anak-anak Putra dan Tunggal Remaja Putri. Sementara medali perak diraih kategori Ganda Remaja Putri, dan medali perunggu diraih kategori Tunggal Remaja Putra, Tunggal Remaja Putri serta Tunggal Taruna Putra.

"PB PKT berhasil menempati posisi pertama dari 35 klub dan 700 atlet berbagai daerah yang berpartisipasi. Ini sangat membanggakan, sekaligus membuktikan atlet Bontang mampu meraih prestasi dalam kejuaraan berskala Nasional," ujar Manager Tim PB Pupuk Kaltim M Ikbal.

Dia menjelaskan dalam menghadapi kejuaraan ini seluruh atlet binaan PB Pupuk Kaltim telah mengikuti serangkaian persiapan secara matang, sehingga mampu menunjukkan performa maksimal di tiap pertandingan. Mulai dari adaptasi kondisi atlet, latihan pra pertandingan hingga pengetatan jam istirahat. Termasuk pola makan serta waktu tidur juga menjadi perhatian, agar seluruh atlet dalam kondisi fit dan siap tanding.

"Pembinaan tidak hanya dari sisi kemampuan, tapi juga memperhatikan faktor pendukung lainnya. Itu hal penting yang kami terapkan sehingga atlet mampu bertanding dengan baik," tambah Ikbal.

Binpres PB Pupuk Kaltim M Reza Fauzi, pun menyebut prestasi pada Bayan Open kali ini diluar ekpektasi maupun target ditetapkan. Dia menilai hal ini sebagai buah dari ketekunan dan peningkatan pola pembinaan yang dilakukan PB Pupuk Kaltim bagi para atlet. Salah satunya perombakan sistem kepelatihan seperti pergantian kepala pelatih pusdiklat, penegakan disiplin atlet hingga improvisasi jadwal latihan secara intensif.

"Langkah ini kami lakukan tiga bulan jelang turnamen bergulir, sehingga para atlet bisa lebih siap dan menikmati seluruh kategori pertandingan yang diikuti," ucap Reza.

Senada, Ketua PB Pupuk Kaltim Anton Sri Widodo mengatakan keberhasilan atlet binaan PB Pupuk Kaltim tahun ini, menjadi sejarah baru yang mampu membawa nama klub masuk tiga besar di Kalimantan Timur. Terlebih kejuaraan ini kerap didominasi atlet Balikpapan dan Banjarmasin, yang tahun ini mampu diungguli perwakilan Bontang melalui PB Pupuk Kaltim.

"Jelas ini prestasi membanggakan bagi PB Pupuk Kaltim, dan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pembinaan bagi atlet Bontang di cabang Bulutangkis," kata Anton.

Melihat peningkatan kemampuan para atlet dengan rentetan prestasi yang telah diraih, Anton pun optimis PB Pupuk Kaltim semakin siap untuk berpartisipasi secara aktif pada berbagai turnamen di tingkat Nasional. Begitu pula dengan pembinaan yang dilakukan, PB Pupuk Kaltim terus berupaya memaksimalkan potensi atlet muda Kota Bontang, sehingga mampu berprestasi untuk membawa nama baik Perusahaan dan daerah.

"Saat ini kami juga memberangkatkan empat atlet untuk mengikuti kejuaraan sirkuit nasional B PBSI di Palangkaraya Kalimantan Tengah. Semoga prestasi serupa bisa kembali diraih atlet PB Pupuk Kaltim," pungkas Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper