Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Festival Danau Sentarum Diharapkan Ungkit Wisata Kapuas Hulu

Selain seni dan budaya, rasa kekeluargaan masyarakat Kapuas Hulu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Oktober 2022  |  16:08 WIB
Festival Danau Sentarum Diharapkan Ungkit Wisata Kapuas Hulu
Perahu hias Suku Dayak Tambalo yang selalu ditampilkan dalam Festival Danau Sentarum di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. - Antara/Teofilusianto Timotius.
Bagikan

Bisnis.com, KAPUAS HULU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat menyukseskan Festival Danau Sentarum yang akan diselenggarakan pada 22 hingga 26 November 2022, di Kecamatan Batang Lupar daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Kita sangat berharap dukungan dan kesiapan masyarakat di sekitar kawasan Danau Sentarum agar dapat mempersiapkan diri mensukseskan Festival Danau Sentarum," kata Wahyudi Hidayat, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu (2/10/2022).

Pelaksanaan Festival Danau Sentarum lebih kepada kearifan lokal, sehingga peran masyarakat sangat penting dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Menurutnya, selain seni dan budaya, rasa kekeluargaan masyarakat Kapuas Hulu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Rasa kekeluargaan ini menjadi ciri khas masyarakat Kapuas Hulu, itu harus tetap kita pertahanan terutama pelayanan kepada para pengunjung saat Festival Danau Sentarum," ucapnya.

Dia mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentarum bukan semata-mata untuk mempromosikan potensi pariwisata, namun lebih kepada pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan Danau Sentarum.

Dengan demikian, akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama dalam pelaksanaan Festival Danau Sentarum mendatang.

Terkait persiapan pelaksanaan Festival Danau Sentarum, Wahyudi menjelaskan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah melaksanakan rapat persiapan dengan melibatkan sejumlah pihak baik itu instansi terkait mau pun lembaga swasta lainnya.

Dia juga mengaku Pemkab Kapuas Hulu telah melakukan koordinasi dan meminta dukungan dari Kementerian Pariwisata, dengan harapan dapat turut serta menyukseskan kegiatan tersebut.

"Kita sangat berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pak Sandiaga Uno hadir langsung pada Festival Danau Sentarum," kata Wahyudi.

Festival Danau Sentarum akan menampilkan parade perahu tradisional, olahraga tradisional, ritual tolak bala, bersepeda di jantung Borneo, hiburan seni dan budaya, bahkan ada juga festival minum madu.

"Itu salah satu upaya kita mempromosikan potensi alam dan kearifan lokal Kapuas Hulu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalbar Pariwisata kapuas hulu

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top