Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Desa Kaltim Ditarget Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik

Desa Malahing di Kota Bontang, Desa Teluk Harapan dan Payung-Payung di Kabupaten Berau saat ini telah masuk 100 besar desa wisata tahun 2022.
Obyek wisata mangrove dibangun menggunakan dana desa. /Antara
Obyek wisata mangrove dibangun menggunakan dana desa. /Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menargetkan tiga desa masuk dalam 50 desa wisata terbaik se Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Ahmad Herwansyah menyatakan Desa Malahing di Kota Bontang, Desa Teluk Harapan dan Payung-Payung di Kabupaten Berau saat ini telah masuk 100 besar desa wisata tahun 2022.

Sebelumnya, Desa Pela di Kabupaten Kutai Kartanegara berhasil meraih Juara 3 kategori Kelembagaan Desa Wisata dari Tujuh Kategori yang diperlombakan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas torehan prestasi yang diraih Desa Pela. Tentunya ini akan semakin memotivasi dalam membangun desa-desa wisata yang ada di Kaltim,” ujarnya yang dikutip, Senin (31/10/2022).

Dia menyebutkan, Dispar Kaltim terus mengupayakan desa wisata lainnya dapat melengkapi tujuh kategori aspek penilaian ADWI di tahun mendatang dalam membangun desa wisata yang ada.

“Dukungan dari Dinas Pariwisata Kaltim yaitu memberikan sarana dan prasarana untuk Desa Wisata melalui Bimbingan Teknis terutama untuk ketujuh kategori tersebut,” sebutnya.

Adapun, dia berharap prestasi yang telah diraih Desa Pela dapat menambah gairah pariwisata Kaltim untuk menambah wisatawan yang ingin berkunjung ke Benua Etam. Sebagai informasi, Desa Wisata Pela merupakan rumah bagi Habitat mamalia langka yakni Pesut Mahakam.

Selanjutnya, tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik, di antaranya yaitu kategori daya tarik pengunjung, homestay, toilet umum, suvenir, digital dan kreatif, CHSE dan kelembagaan. Serta, empat kategori tambahan yaitu desa wisata rintisan, desa wisata berkembang, desa wisata maju dan desa wisata kelembagaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper