Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiga Desa Kaltim Ditarget Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik

Desa Malahing di Kota Bontang, Desa Teluk Harapan dan Payung-Payung di Kabupaten Berau saat ini telah masuk 100 besar desa wisata tahun 2022.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 31 Oktober 2022  |  17:15 WIB
Tiga Desa Kaltim Ditarget Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik
Obyek wisata mangrove dibangun menggunakan dana desa. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menargetkan tiga desa masuk dalam 50 desa wisata terbaik se Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Ahmad Herwansyah menyatakan Desa Malahing di Kota Bontang, Desa Teluk Harapan dan Payung-Payung di Kabupaten Berau saat ini telah masuk 100 besar desa wisata tahun 2022.

Sebelumnya, Desa Pela di Kabupaten Kutai Kartanegara berhasil meraih Juara 3 kategori Kelembagaan Desa Wisata dari Tujuh Kategori yang diperlombakan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas torehan prestasi yang diraih Desa Pela. Tentunya ini akan semakin memotivasi dalam membangun desa-desa wisata yang ada di Kaltim,” ujarnya yang dikutip, Senin (31/10/2022).

Dia menyebutkan, Dispar Kaltim terus mengupayakan desa wisata lainnya dapat melengkapi tujuh kategori aspek penilaian ADWI di tahun mendatang dalam membangun desa wisata yang ada.

“Dukungan dari Dinas Pariwisata Kaltim yaitu memberikan sarana dan prasarana untuk Desa Wisata melalui Bimbingan Teknis terutama untuk ketujuh kategori tersebut,” sebutnya.

Adapun, dia berharap prestasi yang telah diraih Desa Pela dapat menambah gairah pariwisata Kaltim untuk menambah wisatawan yang ingin berkunjung ke Benua Etam. Sebagai informasi, Desa Wisata Pela merupakan rumah bagi Habitat mamalia langka yakni Pesut Mahakam.

Selanjutnya, tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik, di antaranya yaitu kategori daya tarik pengunjung, homestay, toilet umum, suvenir, digital dan kreatif, CHSE dan kelembagaan. Serta, empat kategori tambahan yaitu desa wisata rintisan, desa wisata berkembang, desa wisata maju dan desa wisata kelembagaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim DESA WISATA Pariwisata
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top