Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Perhotelan Kaltim Jelang Tutup Tahun 2023

Lanskap bisnis di tahun 2023 akan dipengaruhi proyek pembangunan IKN, aktivitas bisnis yang kembali menggeliat dan naiknya anggaran belanja pemerintah daerah.
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat
Resepsionis hotel sedang melayani calon konsumen./Ilustrasi-Bisnis-Amri Nur Rahmat

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Sejumlah faktor disinyalir mendorong optimisme sektor industri perhotelan dan restoran di Provinsi Kalimantan Timur tahun mendatang.

Assistance Director of Sales Novotel Ibis Balikpapan Randa Noah Bramiko menyatakan lanskap bisnis di tahun 2023 akan konsisten tumbuh signifikan yang disebabkan beberapa faktor, seperti proyek pembangunan IKN, aktivitas bisnis yang kembali menggeliat dan naiknya anggaran belanja pemerintah daerah.

“Itu akan berdampak pada kenaikan business demand. Target masih sama baik government, corporate, dan publik,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Selasa (29/11/2022).

Dia menambahkan, dari aspek okupansi dan pendapatan bisnis, tahun ini pihaknya sudah melewati target yang ditentukan.

“Tentu lebih baik (dari tahun sebelumnya). Tren bisnis naik signifikan karna aturan pemerintah yang membuka lagi perjalanan dan kegiatan di hotel, sehingga bisnis kembali normal,” katanya.

Sementara itu, Marketing Communication Manager Aston Samarinda Hotel & Convention Center Samarinda Tiara Bulan menyebutkan target untuk tahun ini sudah tercapai karena meningkatnya hunian, MICE dan kebutuhan tamu dari luar kota atau pusat seiring dengan agenda IKN.

“Sektor pembangunan IKN, beberapa infrastruktur penghubung jalan yang akan diproyeksikan di Kaltim, dari sisi itu kami optimis akan mempengaruhi tingkat hunian dan agenda kegiatan,” sebutnya.

Menurutnya, market yang disasar masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu masyarakat domestik, pemerintahan, kementerian, corporate dan social event.

Kami juga tetap berupaya meningkatkan berbagai fasilitas bagi para tamu yang datang ke hotel,” terangnya.

Dia menuturkan masih tetap mengikuti perkembangan terkini terkait antisipasi penyebaran Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Karena kurang lebih tiga tahun sudah jadi kebiasaan baik yang terus dijalankan di Aston Samarinda untuk para tamu juga karyawan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper