Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ribuan Pasukan Merah Sambut Presiden, Ini Pesan Jokowi

Presiden Joko Widodo menghadiri acara temu akbar Pasukan Merah Bahaupm Bide Bahana Tariu yang berlangsung di rumah Radakng.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 November 2022  |  12:47 WIB
Ribuan Pasukan Merah Sambut Presiden, Ini Pesan Jokowi
Ribuan pasukan merah hadiri (TBBR) Tariu Borneo Bangkule Rajakng atau Temu Akbar Pasukan Merah yang dilaksanakan di Rumah Radakng Kota Pontianak Kalimantan Barat, Selasa. - Antara/Andilala.
Bagikan

Bisnis.com, PONTIANAK - Ribuan pasukan merah hadiri (TBBR) Tariu Borneo Bangkule Rajakng atau Temu Akbar Pasukan Merah yang dilaksanakan di Rumah Radakng Kota Pontianak Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022).

Ribuan pasukan merah tampak memadati lapangan Rumah Radangk di Jalan Sutan Syahrir Abdurrahman dari pukul 06.00 WIB pagi.

Presiden Joko Widodo menghadiri acara temu akbar Pasukan Merah Bahaupm Bide Bahana Tariu yang berlangsung di rumah Radakng.

Dari pantauan di lapangan persiapan penyambutan presiden sudah matang baik dari segi pengamanan maupun kegiatannya acaranya. Pangdam XII Tanjunpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto melakukan pengecekan langsung ke rumah Radakng Pontianak, terkait kedatangan Presiden Jokowi ke Pontianak.

Sebelumnya, Panglima Jilha Agustinus dari Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) dalam keterangan persnya mengatakan nantinya pada acaranya ada pernyataan sikap untuk dukungan IKN di Kalimantan Timur itu artinya pertemuan besar kali pertama yang diadakan di Rumah Radakng.

"Kita akan menyampaikan agar pemerintah lebih serius memperhatikan Kalimantan apalagi ibukota negara itu sudah resmi di Kalimantan Timur," ujarnya.

Dia menambahkan TBBR bergerak di bidang adat, budaya, dalam mempertahankan dan menggali juga sejarah Dayak, dan orang Dayak harus maju.

Untuk di ketahui, Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng merupakan organsiasi masyarakat adat Dayak yang bergerak di bidang pelestarian adat dan budaya yang berusaha mempertahankan tradisi, dengan harapan masyarakat Dayak untuk terus bersatu, maju dan bermartabat di daerahnya sendiri.

"Ritual adat yang dilaksanakan diantaranya, memohon kepada Jubata (Tuhan dalam masyarakat adat Dayak) agar NKRI bisa semakin baik dan maju serta perlindungan dari Jubata agar tanah ini bisa terus sejahtera dan masyarakatnya semakin makmur. Tentunya kami sangat bergembira karena Presiden Joko Widodo mau hadir di Pontianak untuk kegiatan ini," kata dia.

Dukung Pembangunan IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dukungan masyarakat Suku Dayak sangat dibutuhkan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya saat membuka perhelatan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022), sebagaimana disaksikan secara daring dari Jakarta.

“Saya sangat senang, sangat terhormat dapat hadir bersilaturahmi, bertemu dengan keluarga besar Tariu Borneo Bangkule Rajakng dalam sebuah pertemuan besar yang sangat mulia pada pagi hari ini,” kata Jokowi mengawali sambutannya.

Presiden kemudian menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan masyarakat Kalimantan, utamanya dari Suku Dayak terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan.

Menurutnya, dukungan Suku Dayak sangat dibutuhkan dalam pembangunan IKN.

“Karena kita akan membangun Ibu Kota Nusantara, di Pulau Kalimantan, tentu saja dukungan dari masyarakat Suku Dayak sangat-sangat dibutuhkan,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN Pontianak kalbar

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top