Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pertamina Fokus Amankan Jalur Pipa Bawah Air, Gandeng Stakeholder Balikpapan

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berupaya mengamankan jalur pipa bawah air dengan menggandeng sejumlah stakeholder.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  13:13 WIB
Pertamina Fokus Amankan Jalur Pipa Bawah Air, Gandeng Stakeholder Balikpapan
Aktivitas Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (14/6/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berupaya mengamankan jalur pipa bawah air dengan menggandeng sejumlah stakeholder.

GM PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho menyatakan salah satu fasilitas produksi utama dalam operasional kilang Unit Balikpapan adalah pipa bawah air yang berada di Teluk Balikpapan.

Saat ini Kilang Balikpapan sedang melaksanakan kegiatan pengembangan kilang. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas produksi kilang dari 260 ribu barrel per hari menjadi 360 ribu barrel per hari,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (1/12/2022).

Dia menjelaskan, pipa bawah air tersebut berfungsi mengirimkan minyak mentah dari Terminal Lawe-Lawe ke Kilang Balikpapan.

Bayu melanjutkan, semua pemangku kepentingan perlu berkaca pada musibah yang menimpa KPI Unit Balikpapan pada tahun 2018 yang lalu.

"Kita perlu belajar dari pengalaman yang pernah terjadi. Selain melakukan perbaikan-perbaikan internal, kami perlu bekerja sama dengan stakeholder," kata Bayu.

Dalam rangka menyambut IKN, kata Bayu, akan semakin banyak aktivitas di Teluk Balikpapan. Selain itu, Teluk Balikpapan merupakan salah satu urat nadi perekonomian di Kota Balikpapan bahkan Provinsi Kalimantan Timur.

"Teluk Balikpapan merupakan milik bersama dan harus kita jaga bersama. Semoga kerja sama yang terbina dapat lebih baik lagi," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Balikpapan Jusmin berharap masyarakat dapat mematuhi rambu-rambu yang di pasang oleh KSOP di perairan Teluk Balikpapan.

Diantaranya agar jangan melakukan lego jangkar di pelabuhan area terlarang. Semoga kita semua dapat lebih bersinergi lagi, sehingga pengamanan pipa-pipa bawa laut Pertamina dapat berjalan dengan baik dan aman," terangnya.

Adapun, Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz menyebutkan akan menjaga keamanan dan operasional jalur pipa minyak bawah laut dari Penajam Paser Utara ke Balikpapan, dengan sinergi pengamanan dari sisi laut.

"Semoga dapat menjaga ketahanan energi nasional serta dapat mendukung pembangunan IKN," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kilang pertamina
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top