Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan BBM di Kalimantan Bakal Naik 2,9 Persen Saat Nataru, Pertamina Jamin Stok Aman

Penggunaan BBM meningkat dari 2.044 Kiloliter (KL) per hari di saat normal menjadi 2.103 KL saat Nataru nanti.
Terminal BBM Balikpapan Milik Pertamina./Istimewa
Terminal BBM Balikpapan Milik Pertamina./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– PT Pertamina Patra Niaga (PPN) memastikan pasokan dan stok BBM di Kalimantan Timur (Kaltim) akan meningkat sebanyak 2,9 persen saat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan M Taufiq Setyawan menyatakan penggunaan meningkat dari 2.044 Kiloliter (KL) per hari di saat normal menjadi 2.103 KL saat Nataru nanti.

“Penyaluran BBM jenis gasoline, seperti Pertamax Turbo, Pertamax dan Pertalite di Kaltim saat Nataru aman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12/2022).

Dia menambahkan, untuk BBM jenis gasoil, seperti dex series dan biosolar akan naik 2,2 persen dari hari normal sebesar 809 KL menjadi 827 KL per hari.

Sementara itu, LPG juga diprediksi akan naik 6,8 persen dari penyaluran harian normal sebesar 484 metric ton (MT) menjadi 517 MT per hari saat Nataru nanti.

“Peningkatan tersebut seiring dengan prognosa atau perkiraan kami secara keseluruhan di regional Kalimantan dimana produk BBM jenis gasoline akan meningkat sebesar 5 persen, BBM jenis gasoil (dex series dan biosolar) akan naik sebesar 1,5 persen dan LPG diperkirakan akan naik sebesar 5 persen saat Natal dan Tahun baru ini,“ sebutnya.

Selain itu, Taufiq menyebutkan untuk ketahanan stok BBM serta LPG, Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan dipastikan aman dengan rata-rata ketahanan stok antara 8-15 hari akumulatif.

“Terdapat beberapa supply point BBM serta LPG seperti Integrated Terminal Balikpapan, Fuel Terminal Samarinda, Depot LPG Balikpapan, Jobber Pendingin dan STS (ship to ship) Balikpapan yang siap memenuhi kebutuhan energi BBM serta LPG di Kalimantan Timur,” sebutnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa PPN di Regional Kalimantan telah mengaktifkan posko Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) semenjak tanggal 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 yang memiliki tugas untuk mengawasi penyaluran serta kesiagaan stok di seluruh Fuel Terminal, SPBU, SPPBE dan agen LPG yang ada di regional Kalimantan khususnya Kalimantan Timur.

“Kami berharap dengan adanya posko satgas ini kepastian penyaluran dan kesiapan stok BBM serta LPG dapat dioptimalkan dengan baik. Bagi masyarakat atau konsumen yang membutuhkan informasi ketersediaan stok ataupun memberikan masukan serta saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper