Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Konsumsi Masyarakat Kaltim Nyaris Naik Dua Kali Lipat, Pelaku UMKM Menggeliat

Pertumbuhan konsumsi RT lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang hanya tumbuh 2,17 persen akibat meningkatnya mobilitas masyarakat.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 28 Desember 2022  |  14:08 WIB
Konsumsi Masyarakat Kaltim Nyaris Naik Dua Kali Lipat, Pelaku UMKM Menggeliat
Nasabah melakukan pembayaran menggunakan metode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Nobu Bank saat berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Konsumsi rumah tangga (RT) masyarakat di Kalimantan Timur melanjutkan tren positif dengan tumbuh sebesar 5,15 persen (yoy) pada kuartal III/2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Ricky P Gozali menyatakan pertumbuhan konsumsi RT lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang hanya tumbuh 2,17 persen akibat meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Peningkatan tersebut juga tercermin dari akselerasi pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada triwulan III/2022 yang utamanya bersumber dari kelompok kendaraan yang tumbuh sebesar 140,3 persen (yoy),” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (28/12/2022).

Dia menambahkan, konsumsi makanan minuman dan tembakau tumbuh 20,7 persen (yoy), diikuti pertumbuhan bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 15,4 persen (yoy), dan peralatan informasi dan komunikasi yang tumbuh 7,5 persen (yoy).

Di sisi lain, penjualan peralatan elektronik juga terjadi peningkatan sepanjang tahun 2022.

Branch Manager MODENA Balikpapan Dedie Heryanto menyebutkan untuk penjualan di wilayah Kaltim terjadi peningkatan 10 persen pada 2022. “Tahun sebelumnya dapat tumbuh hingga 40 persen,” katanya.

Dia melanjutkan, perusahaan yang berasal dari Italia ini cukup adaptif meramaikan usaha di Kaltim di tengah persaingannya dengan produk dari Jepang.

Menurutnya, Modena memiliki target pasar tersendiri untuk tiap produk yang mereka jual, seperti lini cooking untuk masyarakat menengah ke atas dan lini cooling untuk pelaku UMKM.

“Kenyataannya produk cooling Modena seperti, Chest Freezer MD 0106 W dan Showcase Cooler SC 1345 menjadi pilihan para penjual frozen food, daging, ikan di mal dan sejumlah franchise atau pelaku usaha,” katanya.

Kendati demikian, dia menyebutkan produk cooking terus menyasar wilayah Balikpapan karena konsumen lebih terbuka dan aware mengenai desain kitchen yang modern.

Adapun, Dedie menuturkan bahwa pihaknya terus berupaya lebih dekat ke konsumen dengan tersedianya sejumlah dealer resmi di Kaltim dengan penawaran menarik sampai akhir tahun bagi konsumen.

“Yang utama dari Modena adalah after sale service di Kaltim dan Kaltara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, MODENA memiliki dealer resmi seperti Toko Nuansa Elektronik, Toko Jims, Toko Jakarta Elektronik, Toko Sumber Mas dan Toko Mitra Bangunan untuk pelanggan di daerah Balikpapan dan Samarinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top