Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kedepankan Pengelolaan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Wamendes PDTT Apresiasi ESG Pupuk Kaltim

Pupuk Kaltim sebagai produsen pupuk terbesar di Indonesia telah menunjukkan peran dan kontribusi nyata yang direalisasikan secara berkesinambungan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 30 Desember 2022  |  15:04 WIB
Kedepankan Pengelolaan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Wamendes PDTT Apresiasi ESG Pupuk Kaltim
Direksi dan Komisaris Pupuk Kaltim beserta Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi saat kunjungan ke Pupuk Kaltim. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG—Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mengapresiasi kesinambungan peran PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dalam mendorong perbaikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Hal ini ditegaskan Budi Arie Setiadi dalam kunjungannya ke Pupuk Kaltim selama dua hari pada 27-28 Desember 2022.

Selama lawatannya, Budi Arie Setiadi menyambangi sejumlah program binaan Pupuk Kaltim seperti rehabilitasi mangrove di Telok Bangko dan budi daya TOGA Makrifah Herbal di Kelurahan Loktuan Bontang Utara, konservasi terumbu karang di perairan Bontang, pembinaan kawasan pesisir Malahing Bontang Selatan, serta pemberdayaan kelompok nelayan pada program keramba jaring apung. Selain itu, Budi Arie Setiadi turut melakukan penanaman mangrove hingga pembukaan kebun buah perluasan community forest di atas lahan 1,5 Hektare (Ha).

Diungkapkan Budi Arie, Pupuk Kaltim sebagai produsen pupuk terbesar di Indonesia telah menunjukkan peran dan kontribusi nyata yang direalisasikan secara berkesinambungan dengan sasaran dan tujuan yang jelas. Hal ini dilihat dari capaian yang berhasil diimplementasikan di setiap program, sehingga pengelolaan aspek lingkungan dan kawasan pesisir sebagai salah satu tanggungjawab sosial perusahaan mampu dibarengi kemandirian masyarakat melalui pembinaan hingga pemberdayaan yang dilaksanakan.

"Kita melihat bagaimana Pupuk Kaltim merealisasikan program secara terukur, sehingga mampu mencapai goals yang jelas dalam pengelolaan lingkungan dan kawasan tanpa meninggalkan aspek pemberdayaan untuk kesejahteraan masyarakat," ungkap Budi.

Menurut Budi Arie prinsip Environment, Social and Governance (ESG) yang diusung Pupuk Kaltim terimplementasi dari setiap gagasan yang dikembangkan. Hal ini sejalan dengan arah pembangunan green economy yang terus didorong oleh pemerintah, melalui pembinaan yang ditekankan kepada pengelolaan lingkungan secara optimal. Budi Arie menyebut, seluruh program yang direalisasikan Pupuk Kaltim menunjukkan komitmen nyata perusahaan dalam mendukung ekonomi hijau, yang tidak hanya dikembangkan dalam aktivitas industri tapi juga kawasan dan lingkungan sekitar.

"Kita menyadari dimana green economy menjadi arah baru pembangunan Indonesia kedepan, sehingga kontribusi dunia industri seperti yang dilaksanakan Pupuk Kaltim menjadi bukti nyata kepedulian perusahaan terhadap pembangunan ekonomi secara berkelanjutan," tutur Budi Arie.

Dirinya pun mendorong Pupuk Kaltim terus mengembangkan seluruh program dengan perluasan yang lebih signifikan, sehingga komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan dan dekarbonisasi turut meningkatkan peran serta masyarakat melalui pemberdayaan yang dilaksanakan.

"Selain itu, apa yang dilakukan Pupuk Kaltim ini diharap dapat memacu semangat dunia industri tanah air, untuk turut berperan dalam mendorong perbaikan lingkungan secara signifikan melalui berbagai aksi nyata lainnya," tambah Budi Arie Setiadi.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, menyebut komitmen terhadap tata kelola lingkungan menjadi bagian tak terpisahkan dalam aktivitas bisnis perusahaan, yang dijalankan pada berbagai program secara berkesinambungan. Beragam peningkatan dan inovasi berkelanjutan menjadi fokus utama Pupuk Kaltim, yang direfleksikan melalui kebijakan dan program strategis setiap tahunnya.

Menurut Rahmad, Pupuk Kaltim tidak hanya dituntut lebih produktif tapi juga ramah terhadap lingkungan. Hal ini merupakan langkah perusahaan untuk mencapai keseimbangan antara profit, people and planet (3P), dengan menyeimbangkan profitabilitas dan upaya menjaga kelestarian lingkungan serta kontribusi sosial kemasyarakatan.

"Pupuk Kaltim berkomitmen mengimplementasikan tata kelola lingkungan secara konsisten, diselaraskan dengan pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas industri secara berkelanjutan. Hal itu menjadi salah satu fokus utama perusahaan, yang disikapi melalui kebijakan dan program strategis dengan berbagai peningkatan setiap tahun," ucap Rahmad.

Dirinya menyebut Pupuk Kaltim akan terus konsisten melakukan inovasi berkelanjutan, untuk mencapai target pengurangan emisi karbon melalui beragam program dalam koridor ESG. Hal ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam transformasi hijau, yang diharapkan dapat berkontribusi pada potensi penyerapan emisi karbon disamping mendorong kesejahteraan masyarakat di segala bidang.

"Pupuk Kaltim senantiasa mensinergikan aspek lingkungan dalam aktivitas bisnis perusahaan, sebagai dasar mengelola dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana. Hal ini pun dibarengi manfaat melalui kontribusi langsung terhadap perbaikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang," pungkas Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top