Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Satgas Covid-19 Kaltim Tidak Dibubarkan Meski PPKM Dicabut

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menyatakan meski PPKM telah dicabut, status pandemi hingga saat ini belum berakhir.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 05 Januari 2023  |  15:53 WIB
Satgas Covid-19 Kaltim Tidak Dibubarkan Meski PPKM Dicabut
Kantor Gubernur Kaltim. - kaltimprov.go.id
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menegaskan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 belum akan dibubarkan pasca pencabutan kebijakan PPKM di tanah air.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menyatakan meski PPKM telah dicabut, status pandemi hingga saat ini belum berakhir.

“Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tidak dibubarkan, karena saat ini kita baru menuju transisi dari pandemi ke endemi,” ujarnya yang dikutip, Kamis (5/1/2023).

Dia menjelaskan, Pemprov Kaltim akan membuat Instruksi Gubernur (Ingub) Kaltim guna menindaklanjuti arahan Wakil Menteri Dalam Negeri terkait pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 53/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 pada Masa Transisi Menuju Endemi.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Andi Muhammad Ishak menyebutkan pencabutan status PPKM yang sudah diberlakukan hampir 3 tahun tidak turut serta menggugurkan status pandemi.

 “Kita masih menunggu dari WHO (Word Health Organization). Jadi selama WHO belum mencabut status pandemi, maka selama itu Indonesia juga akan memberlakukan,” tegasnya.

Dengan adanya pencabutan tersebut, kata Andi, Pemprov Kaltim akan melakukan pencabutan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub) yang sebelumnya mengatur soal sanksi pelanggar Protokol Kesehatan (prokes).

Sebagai informasi, pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia resmi dicabut oleh Presiden Joko Widodo di penghujung tahun 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim Covid-19
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top