Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme Konsumen Kaltim Terhadap Kondisi Ekonomi Terkini, Begini Potretnya

Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tetap terjaga, hal ini tercermin dari indeks Ekonomi Saat ini (IKE).
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek./JIBI
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek./JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bank Indonesia mencatat indeks Keyakinan Konsumen (KK) masih berada pada level optimistis dengan angka 133,8 sesuai hasil Survei Konsumen (SK) Provinsi Kalimantan Timur yang dilakukan pada Desember 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Ricky P Gozali menyatakan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tetap terjaga, hal ini tercermin dari indeks Ekonomi Saat ini (IKE) yang tercatat sebesar 131,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 135,7.

"Tetap terjaganya IKE Desember 2022 ditopang oleh optimisme akan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja saat ini, serta pembelian barang tahan lama," ujarnya, Rabu (18/1/2023).

Dia menambahkan, ekspektasi konsumen di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau masih tetap kuat. Hal ini tercermin dari IEK Desember 2022 yang tetap terjaga pada level optimistis sebesar 135,7.

Selain itu, optimisme terkait penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja dapat dilihat dari Indeks Penghasilan Saat ini dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama yang masing-masing tercatat sebesar 135,0 dan 115,5.

Sedangkan, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang tercatat sebesar 145,0 juga meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Sementara itu, tetap terjaganya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh ekspektasi konsumen terhadap penghasilan dan kegiatan usaha yang masing-masing tercatat sebesar 137,5 dan 134,5.

Ricky menegaskan bahwa momentum tetap solidnya ekspektasi konsumen tersebut diharapkan mampu diimbangi dengan sinergi dan inovasi dari seluruh elemen masyarakat untuk Provinsi Kalimantan Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper