Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Optimisme Konsumen Kaltim Terhadap Kondisi Ekonomi Terkini, Begini Potretnya

Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tetap terjaga, hal ini tercermin dari indeks Ekonomi Saat ini (IKE).
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  17:15 WIB
Optimisme Konsumen Kaltim Terhadap Kondisi Ekonomi Terkini, Begini Potretnya
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek. - JIBI
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bank Indonesia mencatat indeks Keyakinan Konsumen (KK) masih berada pada level optimistis dengan angka 133,8 sesuai hasil Survei Konsumen (SK) Provinsi Kalimantan Timur yang dilakukan pada Desember 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Ricky P Gozali menyatakan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini tetap terjaga, hal ini tercermin dari indeks Ekonomi Saat ini (IKE) yang tercatat sebesar 131,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 135,7.

"Tetap terjaganya IKE Desember 2022 ditopang oleh optimisme akan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja saat ini, serta pembelian barang tahan lama," ujarnya, Rabu (18/1/2023).

Dia menambahkan, ekspektasi konsumen di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau masih tetap kuat. Hal ini tercermin dari IEK Desember 2022 yang tetap terjaga pada level optimistis sebesar 135,7.

Selain itu, optimisme terkait penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja dapat dilihat dari Indeks Penghasilan Saat ini dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama yang masing-masing tercatat sebesar 135,0 dan 115,5.

Sedangkan, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang tercatat sebesar 145,0 juga meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Sementara itu, tetap terjaganya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh ekspektasi konsumen terhadap penghasilan dan kegiatan usaha yang masing-masing tercatat sebesar 137,5 dan 134,5.

Ricky menegaskan bahwa momentum tetap solidnya ekspektasi konsumen tersebut diharapkan mampu diimbangi dengan sinergi dan inovasi dari seluruh elemen masyarakat untuk Provinsi Kalimantan Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim indeks keyakinan konsumen konsumen
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top