Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pendapatan Daerah Kalteng Naik di Kuartal III/2022

Padahal, pendapatan periode sebelumnya terkontraksi hingga 4,44 persen (yoy).
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 20 Januari 2023  |  02:46 WIB
Pendapatan Daerah Kalteng Naik di Kuartal III/2022
Ilustrasi APBD
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN –  Pendapatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tercatat sebesar Rp3,70 triliun atau tumbuh sebesar 42,67 persen (yoy) pada kuartal III/2022.

Padahal, pendapatan periode sebelumnya terkontraksi hingga 4,44 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Yura A. Djalins menyatakan realisasi pendapatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mencapai 70,99 persen dari pagu pada kuartal III/2022 .

“Peningkatan itu sejalan dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer dan Lain-lain Pendapatan yang sah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/1/2023).

Di sisi lain, dia menyebutkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalteng tercatat sebesar Rp1,80 triliun atau tumbuh sebesar 45,60 persen (yoy), naik dari periode sebelumnya yang hanya tumbuh sebesar 38,17 persen (yoy) kuartal III/2022.

Sedangkan, realisasinya tercatat sebesar 69,62 persen dari pagu.  

Selanjutnya, pendapatan transfer Pemprov Kalteng tercatat sebesar Rp1,88 triliun atau tumbuh sebesar 42,92 persen (yoy).

Dia menuturkan bahwa pendapatan transfer menjadi komponen pendapatan daerah dengan pangsa terbesar yang turut meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 36,90 persen.

Pangsa pendapatan transfer sebesar 50,98 persen, disusul oleh PAD dengan porsi 48,80 persen dari total pendapatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada kuartal III/2022,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendapatan daerah dinas pendapatan daerah (dispenda) kalteng
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top