Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerimaan Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur Naik 115,16 Persen

Bea Cukai mengantongi penerimaan negara sebesar Rp4,73 triliun, lebih besar dari yang ditargetkan yaitu sebesar Rp 4,1 triliun.
Petugas Dirjen Bea dan Cukai mengecek pengiriman barang./Dok. Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.
Petugas Dirjen Bea dan Cukai mengecek pengiriman barang./Dok. Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur (Kanwil DJBC Kalbagtim) mencatat peningkatan penerimaan negara mencapai 115,16 persen dari target 2022. 

Kepala Kanwil DJBC Kalbagtim Kusuma Santi Wahyuningsih menyatakan pihaknya berhasil mengantongi penerimaan negara sebesar Rp4,73 triliun, lebih besar dari yang ditargetkan yaitu sebesar Rp4,1 triliun.

“Dengan rincian bea masuk sebesar Rp 1,32 triliun, bea keluar Rp 3,41 triliun dan cukai Rp 1 miliar,” ujarnya dalam Coffee Morning dan Penguatan Komitmen Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM), Selasa (14/2/2023).

Selain itu, dia menyebutkan kegiatan ekspor pada tahun 2022 telah menghasilkan nilai devisa ekspor sebesar US$28,2 miliar atau naik 9,29 persen dari US$25,8 miliar pada 2021.

Kusuma menyebutkan, DJBC turut mencetak lima pengusaha UMKM yang berhasil merealisasikan ekspor perdana dengan nilai total ekspor sebesar Rp69 miliar.

“Kami juga turut serta dalam meningkatkan pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan program kerja pemberdayaan UMKM yang berpotensi ekspor, baik melalui forum group discussion, customs visit customers, sosialisasi dan asistensi tentunya bersinergi dengan pihak/instansi terkait,” sebutnya.

Dia menuturkan bahwa dari sisi pelayanan kepada stakeholder khususnya yang berada di wilayah pengawasan dan pelayanan kantor wilayah DIBC Kalimantan Bagian Timur akan terus ditingkatkan dengan harapan bisa memberikan kepastian secara prosedur, waktu maupun biaya.

Kusuma mengaku, upaya-upaya perbaikan tersebut telah mendapatkan respon yang positif dari stakeholder yang berada di bawah pengawasan dan pelayanan kantor wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur dilihat dari hasil survei kepuasan penguna jasa. 

Tahun 2022, Kanwil DIBC Kalimantan Bagian Timur memperoleh indeks penilaian 4.80 dari skala lima dengan kategori sangat puas mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu dengan indeks 4.67 dari skala 5 dengan kategori sangat puas.

“Tahun depan bukan tahun yang mudah, tapi kami akan tetap terus berusaha memberikan upaya terbaik untuk mencapai target yang telah diamanatkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper