Sinergi Ketahanan Pangan Bersama TNI, Pupuk Kaltim dan Yonkav 13/SL Tanam Pepaya di Samboja

Kerja sama ini sebagai upaya mengoptimalkan potensi lahan dan produktivitas pertanian, dengan penanaman berbagai komoditas di atas lahan milik Yonkav 13/SL.
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkolaborasi dengan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 13/Satya Lembuswana Kodam VI Mulawarman menggelar penanaman komoditas pepaya jenis California di Samboja, Kutai Kartanegara, Selasa (14/2/2023)./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkolaborasi dengan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 13/Satya Lembuswana Kodam VI Mulawarman menggelar penanaman komoditas pepaya jenis California di Samboja, Kutai Kartanegara, Selasa (14/2/2023)./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Perkuat dukungan terhadap ketahanan pangan dan produktivitas pertanian Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkolaborasi dengan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 13/Satya Lembuswana Kodam VI Mulawarman menggelar penanaman komoditas pepaya jenis California di Samboja, Kutai Kartanegara. Kegiatan ditandai penyerahan bibit pepaya oleh Pupuk Kaltim kepada Danyonkav 13/SL Letkol Kavaleri Gunantyo Ady Wiryawandi, Selasa (14/2/2023).

Staf Marketing Support Pupuk Kaltim Bambang Setyo pada kesempatan itu mengungkapkan kerja sama ini sebagai upaya mengoptimalkan potensi lahan dan produktivitas pertanian, dengan penanaman berbagai komoditas di atas lahan milik Yonkav 13/SL. Hal ini bentuk dukungan Pupuk Kaltim terhadap sistem pertanian berkelanjutan berbasis teknologi terpadu, guna mendorong ketahanan pangan melalui peningkatan produktivitas hasil pertanian di berbagai sektor.

"Melalui kolaborasi dan kerjasama ini, kita bisa memanfaatkan berbagai lahan yang masih berpotensi untuk dijadikan kawasan pertanian secara terpadu, dalam upaya mendukung ketahanan pangan dengan peningkatan berbagai hasil komoditas pertanian," ujar Bambang.

Kegiatan ini pun kesinambungan sinergi antara Pupuk Kaltim bersama TNI, yang sejauh ini telah terjalin dengan baik dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Hal itu diwujudkan melalui berbagai program, mulai dari Integrated Farming System (IFS) yang berkolaborasi langsung dengan Kodam VI Mulawarman untuk pemanfaatan lahan Transad di Balikpapan, hingga community forest bersama Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dengan penanaman puluhan ribu pohon guna mendorong dekarbonisasi.

"Termasuk di Kota Bontang, Pupuk Kaltim secara aktif turut berkolaborasi bersama TNI melalui Kodim 0908 dan Denarhanud 002 untuk program ketahanan pangan, dengan memanfaatkan lahan yang tersedia agar semakin produktif," tandas Bambang.

Melalui bantuan ini diharap program ketahanan pangan oleh Yonkav 13/SL dapat berjalan maksimal, sehingga hasilnya tidak hanya memberi manfaat bagi seluruh anggota TNI dan keluarga tapi juga masyarakat. Dengan demikian, secara perlahan kebutuhan pangan dan sektor pertanian di Kalimantan Timur semakin optimal dan ketergantungan pasokan komoditas dari luar daerah bisa dikurangi dengan pemenuhan mandiri melalui sinergi TNI bersama Pupuk Kaltim.

“Harapan kami, apa yang dilaksanakan teman-teman Yonkav 13/SL ini bisa memberi manfaat bagi anggota dan masyarakat pada umumnya,” tambah Bambang.

Danyonkav 13/SL Letkol Kavaleri Gunantyo Ady Wiryawandi, menyampaikan apresiasi atas dukungan Pupuk Kaltim terhadap program ketahanan pangan yang digagas pihaknya, yang direalisasikan melalui penanaman komoditas pepaya jenis California. Dijelaskan Gunantyo, bibit bantuan dari Pupuk Kaltim akan ditanam di lahan milik  Yonkav 13 dan dikelola langsung para prajurit yang ditugaskan mulai tahap awal hingga panen.

"Dengan dukungan Pupuk Kaltim, kebun milik Yonkav 13/SL akan kami maksimalkan untuk ditanami komoditas buah-buahan guna mengoptimalkan kembali potensi pertanian di Kalimantan Timur," papar Letkol Kav Gunantyo.

Dirinya berharap sinergi dan kerjasama yang terjalin antara Pupuk Kaltim dan Yonkav 13/SL terus berkesinambungan, sehingga manfaat perusahaan dengan dukungan TNI semakin berkontribusi terhadap pembangunan daerah serta berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan sektor pertanian di Kalimantan Timur.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim. Kami harap sinergi yang terjalin dengan Yonkav 13/SL berjalan berkesinambungan, guna memberi manfaat yang lebih maksimal bagi masyarakat Kaltim," pungkas Letkol Kav Gunantyo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler