Rayakan HUT ke-40, YPK Perkuat Dedikasi Majukan Pendidikan Berkarakter dan Religius

YPK telah tumbuh menjadi lembaga pendidikan terdepan dengan beragam prestasi yang cukup diperhitungkan, sehingga mampu berkontribusi bagi Kota Bontang.
Genap 40 tahun Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) hadir dan mengabdi dalam memajukan kualitas pendidikan anak di Kota Bontang./JIBI-Istimewa
Genap 40 tahun Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) hadir dan mengabdi dalam memajukan kualitas pendidikan anak di Kota Bontang./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Genap 40 tahun Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) hadir dan mengabdi dalam memajukan kualitas pendidikan anak di Kota Bontang. Dalam perjalanannya, YPK terus mengokohkan diri sebagai lembaga pendidikan unggul dalam mencetak generasi berkarakter dan religius, sekaligus mampu berprestasi di berbagai bidang.

Mengangkat tema "Berdedikasi, Berinovasi dan Berprestasi", YPK menggelar upacara peringatan hari jadi ke-40 sekaligus memberikan penghargaan dwi windu, tri windu, catur windu dan satu dasawarsa pengabdian bagi para guru serta karyawan, Kamis (23/2/2023).

Pembina YPK Ngateno mengatakan YPK telah tumbuh menjadi lembaga pendidikan terdepan dengan beragam prestasi yang cukup diperhitungkan. Hal ini tak lepas dari dedikasi yayasan menghadirkan pendidikan unggul bagi generasi penerus, didukung banyaknya inovasi dalam mempelopori kemajuan pendidikan sehingga YPK mampu berkontribusi signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Bontang.

Tema peringatan HUT ke-40 tahun ini dimaknai sebagai langkah YPK untuk terus berdedikasi menjalankan amanah masyarakat, utamanya menjadi lembaga pendidikan mumpuni dalam mencetak generasi yang unggul dan berprestasi, agar kedepan mampu tumbuh serta berkontribusi terhadap pembangunan daerah, bangsa dan negara.

"Hal ini sejalan dengan semangat para pionir YPK, yang telah meletakkan pondasi dan gagasan sejak awal yayasan berdiri guna mendorong pendidikan berkualitas bagi anak bangsa. Utamanya dengan mendidik generasi penerus yang menekankan pada pembentukan karakter religius serta berprestasi di bidang akademik," terang Ngateno.

Menurut Ngateno, YPK akan terus tumbuh dan berkembang untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi anak dalam menciptakan generasi penerus yang berkualitas dan berkarakter. Terlebih dengan perkembangan teknologi informasi serta kebijakan dan paradigma masyarakat terkait pendidikan, YPK pun terus berbenah dalam menyesuaikan perubahan yang begitu cepat dengan berbagai inovasi.

Apalagi dengan digitalisasi yang semakin gencar, menuntut YPK melakukan akselerasi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, serta mengedepankan aspek religiusitas sebagai pondasi membangun karakter dan jati diri anak menjadi generasi berprestasi.

"YPK berkomitmen untuk terus eksis sebagai entitas pendidikan yang tak hanya dikenal berprestasi di Kota Bontang, tapi juga di Kalimantan Timur dan Nasional. Hal ini menjadi dorongan YPK untuk terus berbuat dan berinovasi dalam memajukan dunia pendidikan bagi anak," tambah Ngateno.

Dia menjelaskan prestasi merupakan harga mati bagi lembaga pendidikan dengan slogan "Homebase Para Juara" ini, dengan berbagai pengembangan yang terus dilakukan. Langkah itu didukung tenaga pengajar unggul, baik dari sisi kompetensi maupun pendampingan terhadap anak didik. Salah satu upaya yang dilaksanakan, mengikutsertakan tingkat TK dan SMP sebagai sekolah penggerak pelaksana kurikulum merdeka mulai tahun ajaran 2022-2023. Sementara tingkat SD dan SMA YPK menjadi pelaksana kurikulum merdeka pada tahun ajaran yang sama.

Seluruh tingkatan sekolah YPK juga mengoptimalkan program pelayanan baru, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Mulai dari sekolah ramah bakat dan islamic model class, sains model class, hingga layanan bidang keagamaan seperti tadarus Alquran dan kebaktian rohani. Seluruh iinovasi tersebut ditujukan untuk mendorong pembentukan karakter anak didik yang religius, sekaligus berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

"Secara kuantitas, penerimaan peserta didik pun terus meningkat dari tahun ke tahun, dan turut dibarengi kualitas serta sarana prasarana pembelajaran yang sangat baik. Termasuk juga untuk praktik pembelajaran maupun kurikulum, didukung sumberdaya manusia andal dalam mencetak generasi penerus bangsa melalui pendidikan terbaik," tandas Ngateno.

SVP SBU JPP Pupuk Kaltim Muhammad Erriza, berharap peringatan hari jadi YPK ke-40 tahun menjadi semangat yayasan untuk terus meningkatkan peran, guna memajukan dunia pendidikan di Kota Bontang dan Kalimantan Timur. Hal ini melihat eksistensi YPK yang tidak hanya diakui secara lokal, tapi juga di tingkat Nasional sebagai pelopor sekolah umum yang mengedepankan nilai budi pekerti dan religius.

Sejalan dengan tema HUT tahun ini, Erriza mengajak seluruh elemen YPK untuk terus meningkatkan pengabdian, sehingga kedepan sumberdaya manusia unggul dan berkarakter semakin tercipta di Kota Bontang. Apalagi melihat kiprah para alumni YPK yang kini mampu berkarya serta berprestasi di berbagai bidang, diharap dapat menjadi semangat yayasan untuk terus tumbuh dan berkembang.

"Peringatan HUT ke-40 tahun ini diharap menjadi semangat bagi YPK untuk terus berkarya dan mengabdi dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak, sehingga mampu mencapai prestasi dengan pembentukan karakter yang kuat," ujar Erriza.

Genap 40 tahun Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) hadir dan mengabdi dalam memajukan kualitas pendidikan anak di Kota Bontang./JIBI-Istimewa
Genap 40 tahun Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) hadir dan mengabdi dalam memajukan kualitas pendidikan anak di Kota Bontang./JIBI-Istimewa

Dirinya turut mengapresiasi segala capaian yang telah diraih YPK, salah satunya mampu mengantarkan 95 persen lulusan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 2022 lalu. Hal ini kata Erriza, tak lepas dari peran para guru dan tenaga pengajar dalam mengantarkan anak didik menjadi generasi produktif sesuai bidang ilmu masing-masing.

"Pupuk Kaltim berharap YPK terus berupaya menjadi lembaga pendidikan yang mampu melahirkan SDM yang berdaya saing global, dengan tetap mengedepankan akhlak serta karakter yang kuat," ungkap Erriza.

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Bambang Cipto Mulyono, menyampaikan apresiasi atas kiprah YPK yang selama ini terus eksis berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Bontang, utamanya dalam membentuk generasi yang berkarakter serta berprestasi secara akademik.

Semangat hari jadi ke-40 tahun ini diharap terus mendorong YPK mengoptimalkan peran sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, sehingga mampu menghadapi beragam tantangan di dunia pendidikan.

"Terlebih penguatan karakter dalam mencetak sumberdaya manusia unggul menjadi tantangan dunia pendidikan kedepannya, sehingga generasi penerus mampu meningkatkan daya saing untuk berkompetisi dalam pembangunan secara optimal," ucap Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper