Hadir Menebar Manfaat, PKT Proaktif Berbagi 3.000 Paket Sembako Gratis Bagi Warga Bontang

PKT Proaktif berbagi sembako gratis bagian dari kepedulian perusahaan bagi masyarakat Bontang, guna membantu memenuhi kebutuhan saat Ramadan dan Idulfitri.
SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono (kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati melalui program PKT Proaktif berbagi ribuan paket sembako gratis bagi warga Bontang./JIBI-Istimewa
SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono (kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati melalui program PKT Proaktif berbagi ribuan paket sembako gratis bagi warga Bontang./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program PKT Proaktif berbagi ribuan paket sembako gratis bagi warga Bontang guna membantu pemenuhan kebutuhan pokok saat Ramadan dan jelang Idulfitri 1444 H. Paket bantuan diserahkan simbolis oleh manajemen perusahaan kepada Sekretaris Kota Bontang Aji Erlynawati di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Rabu (5/4/2023).

AVP Pembangunan Ekonomi TJSL Pupuk Kaltim Irma Safni menyampaikan, bantuan ini sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat, sekaligus bentuk manfaat program TJSL Pupuk Kaltim dengan total bantuan Rp928,5 juta. Para penerima berasal dari tiga Kecamatan Kota Bontang, yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) sebanyak 3.000 Kepala Keluarga.

Tiap paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula, 2 liter minyak goreng dan telur yang disalurkan ke 15 kelurahan se-Kota Bontang. Pada program ini Pupuk Kaltim juga memberdayakan UMKM di Kota Bontang, untuk pengadaan isi paket sembako melalui mitra binaan di sektor pertanian dan perdagangan. Termasuk tas kemasan paket, bekerjasama dengan mitra kelompok penjahit serta Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA PKT).

"Dari kegiatan ini manfaat tidak hanya dirasakan masyarakat secara umum, tapi juga pelaku UMKM sesuai sasaran program TJSL perusahaan," kata Irma.

Selain itu, Pupuk Kaltim juga menggelar pasar sembako murah dalam mendukung program Safari Ramadan BUMN 2023, dengan alokasi bantuan sebanyak 1.000 paket sembako di Kota Bontang. Tiap paket juga berisi beras, gula dan minyak goreng yang bisa di dapatkan dengan harga Rp55.000 dari harga normal Rp120.000,-.

"Program ini wujud manfaat BUMN dalam membantu masyarakat pada Ramadan tahun ini, khususnya mendapatkan sembako dengan harga terjangkau," tambah Irma.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono mengungkapkan, PKT Proaktif berbagi sembako gratis bagian dari kepedulian perusahaan bagi masyarakat Bontang, guna membantu memenuhi kebutuhan saat Ramadan dan jelang Idulfitri 1444 H. Program ini sengaja diinisiasi Pupuk Kaltim untuk berkontribusi secara aktif melalui manfaat TJSL perusahaan, utamanya terkait kebutuhan dasar masyarakat dalam menghadapi momentum tertentu ataupun di tengah kondisi sosial yang terjadi.

"Selain kepedulian bagi masyarakat, program ini salah satu fokus utama TJSL Pupuk Kaltim terkait pengembangan UMKM, yang turut diberdayakan untuk pengadaan seluruh paket sembako," kata Teguh.

Begitu pula dengan Safari Ramadan BUMN melalui pasar sembako murah, merupakan bentuk dukungan Pupuk Kaltim terhadap program Kementerian BUMN untuk memberi manfaat dengan berbagi berkah kepada sesama. Program ini berjalan serentak di seluruh Indonesia, dengan fokus utama di kawasan sekitar perusahaan.

"Seluruh program ini langkah aktif Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan harmonisasi dengan masyarakat. Sehingga dengan kedekatan dan sinergi yang terjalin, manfaat Perusahaan pun makin dirasakan di Kota Bontang," tambah Teguh.

Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati menyampaikan apresiasi atas kesinambungan peran dan kepedulian Pupuk Kaltim yang terus hadir menebar manfaat. Dirinya menilai hal ini menunjukkan semangat kebersamaan antara perusahaan, Pemerintah dan masyarakat yang senantiasa terjaga dengan baik di Kota Bontang. Terlebih bulan Ramadan merupakan salah satu momentum untuk saling peduli dan berbagi, sekaligus meningkatkan tanggung jawab sosial dan manfaat secara optimal.

"Atas nama Pemkot Bontang kami menyampaikan kebanggaan atas kepedulian tinggi Pupuk Kaltim yang terus hadir bagi masyarakat. Terlebih program ini rutin digelar, sehingga masyarakat pun terbantu saat Ramadan hingga jelang Idul Fitri," ungkap Aji Erlynawati.

Dirinya mengatakan program ini tepat sasaran bagi penerima manfaat dalam pemenuhan kebutuhan harian saat Ramadan. Dimana lonjakan harga sejumlah bahan pokok di pasaran beberapa waktu terakhir, turut berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Sehingga dengan program kepedulian seperti ini, Pupuk Kaltim turut membantu Pemerintah memenuhi kebutuhan utama masyarakat, khususnya dari keluarga kurang mampu.

"Semoga dengan program ini kita bisa merasakan kebahagiaan dalam berbagi dan membantu sesama. Kami harap PKT Proaktif ini bisa terus berkesinambungan dalam memberi manfaat di Kota Bontang," harap Aji Erlynawati.

Badaruddin, salah satu warga Bontang Selatan penerima manfaat sembako gratis, menyebut program ini sangat membantu dirinya untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga. Apalagi dengan kondisi harga bahan pokok yang terus naik di pasaran, bantuan program ini dinilai sangat tepat bagi warga kurang mampu dan membutuhkan di Kota Bontang.

"Terima kasih kepedulian Pupuk Kaltim dengan paket bantuan sembako gratis ini. Semoga program PKT Proaktif bisa terus ada dan membantu kami warga membutuhkan di Kota Bontang," ucap Badaruddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper