Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Kaltim Tumbuh 6,84 Persen di Kuartal II-2023, di Atas Nasional

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaporkan kinerja ekonomi tumbuh sebesar 6,84 persen pada kuartal II/2023.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SAMARINDA –– Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaporkan kinerja ekonomi tumbuh sebesar 6,84 persen pada kuartal II/2023.

Pertumbuhan ini mengalami percepatan dari kuartal II/2022 yang hanya tumbuh sebesar 3,62 persen.

Kepala BPS Kaltim Yusniar Juliana menyatakan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur didorong oleh kinerja positif di seluruh lapangan usaha.

“Secara menyeluruh ekonomi Kaltim masih akselerasi. Hal ini tentunya tidak lepas dari tumbuhnya beberapa lapangan usaha di Kaltim, utamanya konstruksi,” ujarnya yang dikutip, Rabu (9/8/2023).

Lapangan usaha konstruksi menjadi penyumbang pertumbuhan terbesar dengan laju pertumbuhan sebesar 22,12 persen.  

“Secara domestik di Kaltim, proses pembangunan IKN berdampak positif pada perekonomian. Terlihat dari pertumbuhan lapangan usaha konstruksi yang menjadi sumber pertumbuhan tertinggi mencapai 22,12 persen pada triwulan kedua tahun ini,” ungkapnya.

Selain itu, lapangan usaha pertambangan dan penggalian juga memberikan andil signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Benua Etam dengan laju pertumbuhan sebesar 4,69 persen.

Lapangan usaha ini merupakan lapangan usaha utama perekonomian Kalimantan Timur dengan peranan sebesar 40,69 persen terhadap total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi tersebut.

Dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi pemerintah mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 34,74 persen.

Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan belanja pegawai, barang dan jasa, serta bantuan sosial oleh pemerintah.

Komponen pembentukan modal tetap bruto juga tumbuh sebesar 14,25 persen, menunjukkan adanya peningkatan investasi di Kaltim.

Secara regional, kinerja ekonomi Kaltim juga menjadi yang tertinggi di antara provinsi-provinsi lain di Pulau Kalimantan. Kaltim memberikan kontribusi sebesar 47,14 persen terhadap PDRB Pulau Kalimantan.

Adapun, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur juga lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya mencapai 5,12 persen pada kuartal II/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper