Adaptasi Dunia Kerja, Karyawan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Ikuti Onboarding Futurist Pupuk Kaltim

Selama program para karyawan akan dibekali berbagai pengetahuan seputar perusahaan, dengan pendampingan para mentor dari Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia.
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melaksanakan program Onboarding Futurist fase 2, yang diikuti 15 karyawan hasil seleksi Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2023./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melaksanakan program Onboarding Futurist fase 2, yang diikuti 15 karyawan hasil seleksi Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2023./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Internalisasi budaya kerja sekaligus akselerasi kompetensi di lingkungan perusahaan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melaksanakan program Onboarding Futurist fase 2, yang diikuti 15 karyawan hasil seleksi Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2023. Program akan berlangsung selama 12 bulan, dimulai Selasa (3/10/2023).

VP PSDMO Pupuk Kaltim Bondar Priandono mengatakan selama program para karyawan akan dibekali berbagai pengetahuan seputar perusahaan, dengan pendampingan para mentor dari Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia. Hal ini dilaksanakan untuk pemenuhan standar kompetensi minimal sesuai job requirement di unit kerja, sekaligus fundamental succes factor dalam bekerja di Pupuk Kaltim.

"Onboarding futurist juga upaya menjembatani karyawan agar bisa match dengan budaya kerja di Pupuk Kaltim, serta mengedepankan proses adaptasi dunia kerja melalui metode belajar yang variatif," ujar Bondar.

Dia menjelaskan 15 peserta onboarding futurist disaring berdasarkan tahapan sistem rekrutmen bersama BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), untuk jenjang pendidikan Strata-1 dan Strata-2. Karyawan yang berhasil lolos sebagian besar berasal dari Kota Bontang, serta sejumlah daerah lainnya sesuai hasil final rekrutmen.

Selama fase 2 onboarding futurist, para peserta akan mengikuti capability enhancement program, sebagai tindaklanjut fase satu yang telah berlangsung selama 1,5 bulan. Dimana proses pengenalan menekankan pada mandatory corporate knowledge, character building camp, serta process business orientation.

"Selama 12 bulan seluruh peserta program akan didampingi secara intensif, sehingga nilai-nilai dan budaya kerja di Pupuk Kaltim mampu terinternalisasi dengan baik," tambah Bondar.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman menyampaikan onboarding futurist merupakan upaya Pupuk Kaltim dalam menunjang karir dan kesuksesan karyawan di masa datang, dengan bimbingan mentor dari karyawan senior perusahaan.

Program ini bagian dari training dan orientasi penerimaan karyawan baru, untuk penguatan kapasitas agar mampu menunjukkan kinerja positif dalam mendukung kemajuan Pupuk Kaltim kedepan.

"Terlebih dengan berbagai pengembangan yang akan dilakukan Pupuk Kaltim, kinerja karyawan merupakan tumpuan utama dalam mewujudkan hal tersebut. Sehingga ke depan, perusahaan makin tumbuh dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada," tutur Qomaruzzaman.

Menurut Qomaruzzaman, rekrutmen bersama BUMN merupakan program yang diselenggarakan oleh FHCI bekerjasama dengan Kementerian BUMN, yang bertujuan menjaring talenta terbaik negeri untuk turut berkontribusi secara langsung dalam kegiatan bisnis di BUMN maupun anak perusahaannya. Dalam prosesnya, tahun ini terjaring 149 kandidat untuk mengisi 15 formasi di Pupuk Kaltim, yang akhirnya mengerucut kepada karyawan yang kini mengikuti onboarding futurist.

"Dari sistem rekrutmen lama yang digelar oleh masing-masing perusahaan, kini harus dilakukan secara terpusat oleh Kementerian BUMN sesuai kebutuhan tiap badan usaha. Namun begitu, sebagian dari karyawan yang diterima onboarding futurist merupakan warga Bontang, dan ini patut disyukuri," papar Qomaruzzaman.

Dirinya pun berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti onboarding futurist fase dua dengan komitmen tinggi, serta mampu membangun kekompakan dan kerjasama tim yang kuat di lapangan. Hal ini merupakan salah satu upaya mewujudkan jiwa korsa dalam diri karyawan, untuk secara bersama memberikan pengabdian terbaik guna mendukung kemajuan Pupuk Kaltim.

"Prinsipnya Pupuk Kaltim itu long life employment, dimana sekali bergabung dengan perusahaan diharap karyawan terus bertahan untuk berjalan bersama memberikan kontribusi terbaik, sekaligus manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," pungkas Qomaruzzaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper