Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Terus Dekati Jumlah Pra Pandemi

Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan mencatat pertumbuhan positif penumpang dan pesawat udara selama periode Januari-September 2023.
Salah satu sudut Bandara SAMS Sepinggan di Kota Balikpapan
Salah satu sudut Bandara SAMS Sepinggan di Kota Balikpapan

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mencatat pertumbuhan positif penumpang dan pesawat udara selama periode Januari-September 2023.

Bandara ini telah melayani 3,80 juta orang penumpang dan 37.164 pergerakan pesawat udara, naik masing-masing sebesar 41 persen dan 31 persen  dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syuagi Syahab, menyatakan peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, a.l animo masyarakat yang mulai kembali melakukan perjalanan bisnis atau wisata keluar daerah dan penambahan beberapa rute baru baik domestik maupun internasional.

“Melihat lonjakan trafik saat ini salah satunya tentu didorong oleh animo masyarakat yang saat ini sudah mulai kembali menjalankan aktifitas nya seperti perjalanan bisnis ataupun berwisata keluar daerah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/10/2023) 

Tidak hanya itu, Syaugi menyebutkan mulai awal tahun 2023 Bandara SAMS Sepinggan berupaya meningkatkan konektifitas dengan membuka beberapa rute baru baik domestik maupun internasional.

Meskipun demikian, jumlah penumpang dan pesawat udara di Bandara SAMS Sepinggan masih belum kembali ke level sebelum pandemi.

Pada tahun 2019, bandara ini melayani 5,42 juta orang penumpang dan 59.125 pergerakan pesawat udara. Namun, Syahab mengaku optimis bahwa bandara ini dapat mencapai atau bahkan melebihi capaian tersebut di penghujung tahun.

“Saya berharap di penghujung tahun jumlah penumpang dan pesawat dapat mendekati atau bahkan melebihi capaian di tahun 2019,” katanya.

Sebagai informasi, bandara terbesar dan tersibuk di Kalimantan ini memiliki lima destinasi favorit, yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, dan Tarakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler