Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Mudik 2023 di Bandara SAMS Sepinggan Melampaui Perkiraan

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mencatatkan 12.388 penumpang yang berangkat dan 92 pergerakan pesawat udara pada mudik Lebaran 2023.
Suasana Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan saat situasi mudik Lebaran 2023./Ist
Suasana Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan saat situasi mudik Lebaran 2023./Ist

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mencatatkan 12.388 penumpang yang berangkat dan 92 pergerakan pesawat udara pada puncak arus mudik Hari Raya Idulfitri 2023.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmadi Syaugi Syahab, menyatakan puncak arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan terjadi pada tanggal 19 April 2023 (H-3 Lebaran).

Dia menambahkan, jumlah pergerakan penumpang dan pesawat udara yang berangkat pada puncak arus mudik Lebaran ini lebih tinggi dari angka yang diprediksikan yaitu, 8.415 penumpang dan 72 pergerakan pesawat udara.

“Animo masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023 melampaui angka prediksi awal kami. Realisasi jumlah pergerakan penumpang lebih tinggi 47 persen dan pesawat udara 27 persen,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jum’at (21/4/2023). 

Ahmadi mengungkapkan bahwa  dengan selisih trafik yang cukup tinggi dari prediksi tersebut, tentu merupakan hal yang sangat positif. Hal tersebut dinilai menjadi tanda bahwa masyarakat sudah kembali merasa aman bepergian menggunakan moda transportasi udara.

Selama periode posko yang telah berlangsung selama sepekan terhitung sejak tanggal 14 April 2023 hingga 20 April 2023 kemarin, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah melayani total penumpang baik yang datang maupun berangkat sebanyak 124.199 penumpang.

“Atau tumbuh positif sebesar 52 persen apabila dibandingkan dalam periode yang sama tahun lalu yakni 81.311 penumpang,” terang Ahmadi. 

Sementara itu, sebanyak 1.187 pergerakan pesawat udara terjadi sepanjang arus mudik atau tumbuh positif sebesar 39 persen apabila dibandingkan dalam periode yang sama tahun lalu yakni 854 pergerakan.

Dia menuturkan dalam merespons animo masyarakat yang begitu tinggi melakukan perjalanan selama periode mudik lebaran 2023, kami juga berupaya meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dengan menghadirkan pameran otomotif di area kedatangan serta pertunjukkan musik dan tarian tradisional di area keberangkatan dan kedatangan.

Kemudian, mempercantik selasar kedatangan dengan karya seni dan aroma pandan wangi agar dapat memberikan kesan tersendiri bagi penumpang yang baru tiba atau berangkat dari Bandara SAMS Sepinggan. 

“Tidak hanya itu kami juga mengoperasikan kembali airport cinema sehingga penumpang dapat bersantai dan menunggu jadwal keberangkatan serta memutarkan alunan musik khas Kalimantan Timur untuk menciptakan suasana etnik yang lebih kental lagi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selama periode posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2023/1444H jam operasional Bandara SAMS Sepinggan mengalami perubahan, dari 06.00 – 21.00 WITA menjadi 06.00 – 23.00 WITA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper