Pupuk Kaltim Bedah Enam Rumah Warga dan Semenisasi Pujasera Guntung

Bantuan ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu di Kota Bontang khususnya Guntung
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan bedah rumah dan semenisasi pujasera di Kelurahan Guntung Bontang Utara./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan bedah rumah dan semenisasi pujasera di Kelurahan Guntung Bontang Utara./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Tingkatkan komitmen dalam pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan bedah rumah dan semenisasi pujasera di Kelurahan Guntung Bontang Utara. Bantuan dalam rangkaian HUT ke-46 tahun Pupuk Kaltim ini diserahkan langsung jajaran Direksi dan Manajemen Perusahaan, bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Jumat (8/12/2023).

Direktur Operasi Pupuk Kaltim F. Purwanto mengatakan untuk dua program ini Pupuk Kaltim mengalokasikan anggaran senilai Rp765,7 juta, dengan perincian masing-masing Rp450 juta untuk bedah enam rumah warga Guntung, serta Rp315,7 juta untuk semenisasi sekaligus perbaikan lahan pujasera seluas 647,60 meter persegi. Khusus bedah rumah, dialokasikan melalui program TJSL sebanyak dua rumah dan UPZ Pupuk Kaltim sebanyak empat unit rumah.

"Bantuan ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu di Kota Bontang khususnya Guntung, sebagai wujud dukungan perusahaan dalam penyediaan rumah layak huni melalui program TJSL dan manfaat zakat yang dikelola UPZ Pupuk Kaltim," ujar F. Purwanto.

Dia menjelaskan bantuan bedah rumah merupakan wujud kesinambungan komitmen Pupuk Kaltim untuk memberikan jaminan hidup dan kelayakan, sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat khususnya di kawasan sekitar perusahaan. Selain juga bentuk dukungan terhadap program pemerintah bagi warga kurang mampu di Kota Bontang, dengan penyediaan rumah layak huni melalui program TJSL perusahaan.

Program ini pun rutin dilaksanakan Pupuk Kaltim setiap tahun di bidang sosial kemasyarakatan, yang diharap mendorong masyarakat lebih produktif sehingga mampu menangkap berbagai peluang yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan.

Begitu pula dengan bantuan semenisasi pujasera Guntung, diharap turut mengoptimalkan sarana tersebut untuk pemberdayaan dan perekonomian masyarakat, sehingga kedepan semakin dikelola maksimal sesuai peruntukannya. 

“Adanya rumah layak huni dan fasilitas memadai untuk kegiatan yang memiliki nilai keekonomian, merupakan salah satu indikator dalam pengentasan kemiskinan. Hal inilah yang menjadi perhatian Pupuk Kaltim dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, sehingga mereka semakin produktif untuk menggali peluang untuk meningkatkan kesejahteraan,” terang F Purwanto.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengapresiasi perhatian dan kontribusi Pupuk Kaltim yang rutin menyalurkan bantuan bedah rumah bagi masyarakat, sebagai upaya perbaikan ekonomi dengan penyediaan hunian yang layak. Apalagi program serupa tidak hanya terfokus di sekitar perusahaan, tapi juga menyasar berbagai Kelurahan Kota Bontang, seperti dukungan Pupuk Kaltim pada program serupa yang diinisiasi Pemprov Kaltim sejak 2022 lalu.

"Program ini sangat tepat sasaran dan sejalan dengan upaya Pemkot Bontang dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan penyediaan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat. Kami sangat apresiasi karena program ini rutin dilaksanakan Pupuk Kaltim setiap tahun," kata Najirah.

Najirah berharap program ini dapat terus berkesinambungan, sehingga penurunan angka kemiskinan yang diiringi dengan peningkatan standar kelayakan hidup masyarakat semakin tercapai. Begitu juga persebaran dan jumlah hunian yang disasar, diharap bisa semakin diperluas Pupuk Kaltim dengan penerima manfaat yang turut meningkat setiap tahun.

"Dengan kerja sama serta saling dukung dalam realisasi program yang bersifat sosial, Pemerintah optimis angka kemiskinan dapat terus ditekan dalam upaya mewujudkan kemandirian masyarakat di Kota Bontang," kata Najirah.

Salah satu penerima manfaat Gustina, turut menyampaikan terima kasih atas bantuan bedah rumah Pupuk Kaltim, sehingga huniannya kini sangat layak untuk ditempati. Warga Jalan Tari Dewa-dewa II Guntung ini mengatakan, selama beberapa tahun terakhir rumahnya banyak mengalami kerusakan di berbagai sisi dan hanya bisa diperbaiki seadanya.

Beruntung tahun ini dia masuk sebagai salah satu penerima manfaat program, sehingga bagian yang bocor dan lapuk kembali diperbarui dengan berbagai peningkatan di seluruh bagian rumah, mulai dari atap hingga dinding yang juga baru.

"Terima kasih atas bantuan Pupuk Kaltim, sehingga rumah kami kembali baru dan bisa ditempati keluarga dengan sangat nyaman. Semoga program ini terus berjalan, agar makin banyak masyarakat kurang mampu yang terbantu melalui manfaat perusahaan," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper