Pertamina Gelar Operasi Pasar LPG 3 Kg di Balikpapan dan Penajam Paser Utara

Operasi pasar LPG 3 kg melibatkan 11 agen di enam kecamatan dan 22 kelurahan di Balikpapan, serta empat agen di empat kelurahan di Penajam Paser Utara.
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG)./Bisnis-Fanny Kusumawardhani.
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG)./Bisnis-Fanny Kusumawardhani.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan memastikan penyaluran LPG subsidi bagi masyarakat sasaran dengan mengadakan operasi pasar (OP) LPG 3 kg di Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, menyatakan OP LPG 3 kg melibatkan 11 agen di enam kecamatan dan 22 kelurahan di Balikpapan, serta empat agen di empat kelurahan di Penajam Paser Utara.

Dia menambahkan, OP LPG 3 kg merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk menjaga kesejahteraan dan daya beli masyarakat.

“Untuk menjamin ketersediaan dan terpenuhinya kebutuhan LPG 3 kg subsidi untuk masyarakat sasaran, Pertamina menyelenggarakan operasi pasar yang berlangsung di 13 dan 14 Januari 2024 yang lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (16/1/2024).

Dia mengungkapkan bahwa dari total 12.320 tabung LPG 3 kg yang disiapkan untuk Balikpapan, sekitar 11.771 tabung telah tersalurkan dan sisanya diserahkan agen ke pangkalan sebagai stok di lapangan. 

Sementara itu, untuk Penajam Paser Utara, dari 2.240 tabung yang dialokasikan, sebanyak 1.059 tabung telah terdistribusikan.

“Berdasarkan hasil OP yang dilaksanakan baik di Kota Balikpapan maupun di Kabupaten Penajam Paser Utara, terlihat bahwa kondisi pasokan di lapangan atau di masyarakat sudah terpenuhi, hal ini ditandai dengan tidak habisnya alokasi yang disiapkan dalam OP tersebut,” sebutnya.

Arya juga mengingatkan, sesuai keputusan pemerintah bersama Pertamina, mulai 1 Januari 2024, hanya masyarakat yang terdaftar yang dapat membeli LPG 3 kg. 

Masyarakat diimbau untuk dapat mendaftarkan diri menggunakan KTP kepada sub-penyalur atau pangkalan resmi untuk memperoleh LPG subsidi 3 kg.

“Kami mengimbau kepada masyarakat sasaran yang hendak memperoleh LPG Subsidi 3 Kg untuk mendaftarkan diri menggunakan KTP dan membeli LPG 3 Kg di pangkalan resmi Pertamina. Selain itu, kami turut kembali mengimbau masyarakat dengan ekonomi mampu serta usaha-usaha yang tidak memenuhi ketentuan penggunaan LPG 3kg bersubsidi untuk dapat membeli LPG non subsidi yaitu Bright Gas 5,5 Kg atau 12 Kg,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PT Pertamina Patra Niaga sebagai sub holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), tentunya akan terus berkomitmen memastikan kelancaran distribusi energi kepada masyarakat. 

Bagi konsumen atau masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait proses bisnis Pertamina Patra Niaga termasuk jika masyarakat ingin memberikan informasi terkait ketersediaan LPG 3 Kg di lapangan dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler