Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Teratas di Pulau Kalimantan Sepanjang 2023

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatatkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Kalimantan pada tahun 2023.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatatkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Kalimantan pada tahun 2023.

Hal ini menunjukkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltim tahun 2023 tumbuh sebesar 6,22%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pertumbuhan ekonomi Kaltim tahun 2023 didorong oleh kinerja positif di seluruh lapangan usaha, terutama lapangan usaha pengadaan listrik dan gas, konstruksi, dan jasa keuangan dan asuransi.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah, yang mencerminkan peningkatan realisasi belanja pemerintah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, perekonomian Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp843,57 triliun, PDRB atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp537,63 triliun, dan PDRB per kapita mencapai Rp215,76 juta.

Kepala BPS Kaltim Yusniar Juliana mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Kaltim tahun 2023 menunjukkan akselerasi dan kinerja yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023 tumbuh sebesar 6,22%, lebih tinggi dibanding capaian tahun 2022 yang tumbuh sebesar 4,48%,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (5/2/2024).

Yusniar menambahkan, pertumbuhan ekonomi Kaltim tahun 2023 memberikan kontribusi terbesar pada penyusunan nilai tambah regional Kalimantan sebesar 48,38%.

“Jika dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023, Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian menjadi lapangan usaha yang memberikan andil positif terbesar, yaitu sebesar 2,42%,” katanya.

Kemudian, sumber pertumbuhan ekonomi Kaltim lainnya adalah Lapangan Usaha Konstruksi dengan andil positif sebesar 1,25%, Lapangan Usaha Industri Pengolahan dengan andil positif sebesar 0,93%, dan Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dengan andil positif sebesar 0,41%.

Secara spasial, Yusniar menyebutkan seluruh provinsi di Pulau Kalimantan pada tahun 2023 mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif.

Sebagaimana diketahui, dengan pertumbuhan sebesar 6,22% menempatkan Kalimantan Timur sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dibandingkan wilayah lainnya di Pulau Kalimantan.

Selanjutnya diikuti oleh Provinsi Kalimantan Utara tumbuh sebesar 4,94%, Kalimantan Selatan tumbuh sebesar 4,84%; Kalimantan Barat tumbuh sebesar 4,46%, dan Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 4,14%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper