Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Samarinda Bersiap Layani Ribuan Penumpang Arus Mudik Lebaran 2024

Tiga armada kapal telah disiapkan untuk memastikan kelancaran transportasi laut, termasuk KM Adithya dan KM Prince Soya, serta kapal Sabuk Nusantara 89.
Kepala Kantor KSOP Kelas I Samarinda Mursidi
Kepala Kantor KSOP Kelas I Samarinda Mursidi

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Samarinda mengumumkan persiapan mereka untuk menghadapi peningkatan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024. 

Tiga armada kapal telah disiapkan untuk memastikan kelancaran transportasi laut, termasuk KM Adithya dan KM Prince Soya, serta kapal Sabuk Nusantara 89 yang akan melayani rute dari Sulawesi Tengah ke Kalimantan Timur.

Dengan kapasitas yang bervariasi, armada ini diharapkan dapat menampung antara 1.600 hingga 1.800 penumpang, 

“Kecuali Sabuk Nusantara 89 yang memiliki kapasitas sekitar 500 penumpang,” ujar Kepala Kantor KSOP Kelas I Samarinda Mursidi dalam keterangan resmi, Rabu (20/3/2024). 

Mursidi menambahkan, proyeksi peningkatan penumpang mencapai 15% dari tahun sebelumnya, dengan estimasi total sekitar 34.000 hingga 35.000 penumpang yang akan menggunakan layanan ini untuk mudik, terutama menuju Sulawesi Selatan.

“Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan bahwa layanan kami selama musim mudik Lebaran tidak hanya efisien tetapi juga nyaman dan aman bagi para penumpang. Ini termasuk pemeriksaan terhadap kapal, penataan ulang area parkir dan penumpang, serta pengaturan pedagang asongan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif,” katanya.

KSOP Samarinda juga telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan di laut, dengan memberikan edukasi dan informasi kepada operator kapal dan penumpang. 

Dia menekankan pentingnya keselamatan di atas kapal, dan mengimbau penumpang untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat. 

“(Seperti) mempersiapkan fisik, mempersiapkan segalanya sehingga perjalanan lebih nyaman,” tegasnya.

Adapun, dia berharap KSOP Samarinda berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lancar dan menyenangkan bagi semua penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler