Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.420 Petugas Kebersihan Balikpapan Dapat Bonus Adipura

Balikpapan resmi menyerahkan bonus Adipura sebesar Rp1,85 juta kepada 1.420 petugas kebersihan
Seremoni penyerahan bonus kepada petugas kebersihan./Ist-Pemkot Balikpapan
Seremoni penyerahan bonus kepada petugas kebersihan./Ist-Pemkot Balikpapan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan resmi menyerahkan bonus Adipura sebesar Rp1,85 juta kepada 1.420 petugas kebersihan sebagai apresiasi atas perolehan Piala Adipura Kencana 2023. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sudirman Djaleksana menyatakan bonus tersebut telah direalisasikan sesuai janji Wali Kota pada acara halal bihalal April-Mei 2024.

“Hari ini bonus Adipura sesuai dengan capaian dari Dinas Lingkungan Hidup pada saat penilaian Adipura kemarin tahun 2023,” ujarnya di Balikpapan, Rabu (10/7/2024). 

Dengan adanya bonus ini, para petugas kebersihan diharapkan semakin termotivasi dalam menjalankan tugas, sehingga Kota Minyak dapat senantiasa mempertahankan prestasi di bidang kebersihan lingkungan.

Kemudian, dia menjelaskan proses pencairan bonus ini berlangsung kurang lebih selama tiga bulan dan wali Kota secara simbolis menyerahkan bonus tersebut, yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing petugas kebersihan. 

"Bonus langsung masuk rekening masing-masing, jadi tidak diterima cash," jelasnya.

Tahun ini, dia menyebutkan bonus Adipura mengalami peningkatan dari sebelumnya hanya Rp 1,5 juta.  “Dalam dua tahun terakhir, nilai bonus Adipura meningkat kurang lebih Rp 350 ribu dari beberapa tahun lalu yang hanya Rp 1,5 juta.”

Dia berharap bonus ini dapat dimanfaatkan untuk hal-hal positif, terutama mengingat momen tahun ajaran baru yang memerlukan tambahan biaya untuk kebutuhan anak sekolah. 

“Momen ini pas untuk penerimaan anak sekolah. Mungkin ada yang butuh tambahan untuk membelikan keperluan anak-anak sekolah, ini bisa digunakan untuk hal-hal yang positif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menyerahkan penghargaan Adipura Kencana 2023 ke 7 kepada Kota Balikpapan bersama Kota Surabaya, Bontang, Bitung, dan Kabupaten Ciamis pada Maret 2024 lalu. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper