Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana Hibah Rp15,5 Miliar untuk Pengamanan Pilkada Balikpapan

Balikpapan mengalokasikan dana hibah sebesar Rp13 miliar kepada Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur dan Rp2,5 miliar kepada Kodim.
Pegawai merapikan uang rupiah./Bisnis
Pegawai merapikan uang rupiah./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan telah mengalokasikan dana hibah sebesar Rp13 miliar kepada Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur dan Rp2,5 miliar kepada Kodim 0905 D Balikpapan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan aman di kota tersebut.

Kepala Kesbangpol Balikpapan, Sutadi, menegaskan bahwa aparat keamanan dari Polda dan Kodim telah siap menjalankan tugasnya. "Insyaallah, situasi akan tetap aman. Aparat keamanan telah diberikan dana hibah untuk mendukung pengamanan Pilkada," ujarnya baru-baru ini.

Dia menambahkan, kesiapsiagaan tetap menjadi prioritas meskipun kondisi Kota Balikpapan saat ini kondusif, mengingat perbedaan euforia dan tingkat emosional antara Pemilihan Legislatif dan Pilkada.

"Memang perlu ada langkah antisipasi, terutama mengingat perbedaan emosional antara Pileg dan Pilkada. Saya yakin, TNI dan Polri sudah mengantisipasi segala kemungkinan dan siap mengamankan Pilkada termasuk di dalamnya kesiapan dari KPU dan Bawaslu," katanya.

Selain pengamanan, Sutadi tengah berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada. Dalam waktu dekat, rencana sosialisasi akan dilaksanakan di sekolah-sekolah SMA/SMK/MTS mulai tanggal 27 Agustus 2024.

"Kesbangpol bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, dan narasumber lainnya akan mengadakan sosialisasi untuk memastikan para pemilih, khususnya pemilih pemula, memahami pentingnya Pilkada ini. Kami berharap mereka dapat memilih dengan hati nurani," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler