Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Armada Bus Balikpapan City Trans Bakal Ditambah

Balikpapan berencana menambah armada dan koridor pada Angkutan Bus Balikpapan City Trans (Bacitra).
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta./Bisnis-Himawan L Nugraha
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta./Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berencana menambah armada dan koridor pada Angkutan Bus Balikpapan City Trans (Bacitra) guna mendorong penggunaan transportasi massal. 

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap antusiasme masyarakat yang positif terhadap Bacitra sebagai sarana transportasi umum. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Edward Skenda Putra menyatakan penambahan ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi.

"Kunci keberhasilan uji operasional ini adalah jika berjalan lancar, tentu akan dipertimbangkan penambahan koridor dan armada," ujarnya baru-baru ini.

Berdasarkan perhitungan ideal, Kota Balikpapan membutuhkan minimal 32 unit armada Bacitra. Namun, karena saat ini masih dalam tahap uji coba dan difasilitasi oleh Kementerian, jumlah armada yang tersedia baru mencapai 19 unit. 

Pria yang akrab disapa Edo ini, mengklaim minat masyarakat untuk menggunakan BCT menunjukkan peningkatan hingga 250%, terutama pada jam-jam sibuk seperti saat pergi ke sekolah dan pulang kerja. 

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, jam operasional pun dimajukan dari pukul 06.00 Wita menjadi 05.30 Wita. "Peningkatan ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin memilih Bacitra sebagai alternatif transportasi," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, bersama sejumlah pejabat terkait turut mencoba kembali layanan Bacitra dengan menaiki bus dari halte Kantor Pos Klandasan menuju Halte Pasar Baru. 

Dalam kesempatan tersebut, Rahmad berdialog dengan masyarakat yang menunggu dan mayoritas menyambut baik kehadiran Bacitra , terlebih saat ini layanan masih gratis. 

"Bacitra tidak hanya membantu mengurangi polusi udara, tetapi juga merupakan langkah menuju kota yang lebih maju dan modern sehingga fasum tranportasi kita siapkan terutama dengan kememhub yang menyiapkan faslitas transportasi dan kita jaga bersama," ungkapnya.

Meski sempat muncul polemik dengan pengemudi angkot terkait kehadiran Bacitra, Rahmad menegaskan bahwa pihaknya akan mencari solusi yang saling menguntungkan. 

Di sisi lain, Pemkot Balikpapan juga mengimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak membawa kendaraan pribadi pada hari Jumat sebagai upaya mendukung program transportasi massal ini. Dalam jangka panjang, Pemkot berencana memperluas rute Bacitra ke jalan-jalan yang baru dibangun, seperti Jalan Mukmin Faisyal hingga ke KM 8 atau wilayah Manggar. 

Rahmad berharap Bacitra dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat secara berkelanjutan dengan penambahan armada dan rute ini. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper