Wings Air Layani Balikpapan-Tanjung Selor mulai Pertengahan September

Oleh: Nadya Kurnia 31 Agustus 2017 | 18:11 WIB
Wings Air Layani Balikpapan-Tanjung Selor mulai Pertengahan September
Petugas otoritas bandara mengawasi aktivitas pesawat Wings Air sesaat setelah mendarat di Bandara Rar Gwamar, Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, Rabu (29/3)./Izaac Mulyawan

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Maskapai Wings Air berencana melayani penerbangan rute Balikpapan-Tanjung Selor mulai 11 September mendatang, maskapai milik Lion Air Grup tersebut juga telah melakukan uji landas belum lama ini.

Adapun jenis pesawat yang akan melayani rute baru itu adalah ATR 72-600. Landasan pacu Bandara Tanjung Harapan telah diperpanjang dari 1.400 meter menjadi 1.600 meter untuk mengakomodir masuknya pesawat penumpang berbadan besar.

"Kami akan sangat menyambut baik apabila jadwal penerbangan rute baru itu direalisasikan. Sudah bertahun-tahun kami berharap agar bandara ibukota provinsi ini bisa didarati pesawat yang lebih besar," ujar Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Kamis (31/8/2017).

Selama ini, warga Bulungan, khususnya Tanjung Selor dan sekitarnya, harus keluar kota jika hendak bepergian dengaj transportasi udara. Akses bandara terdekat berada di Tarakan atau Berau.

Dengan adanya penerbangan langsung ini, selain mempermudah akses, masyarakat pengguna jasa penerbangan juga memiliki pilihan untuk bepergian ke daerah lain.

"Dampak positif lainnya, dengan bertambahnya maskapai penerbangan di Bandara Tanjung Harapan, secara otomatis harga tiket dari dan menuju Tanjung Selor lebih kompetitif," tambah Irianto.

Selain itu, semakin terbukanya akses transportasi udara menuju Tanjung Selor akan menambah daya saing Kaltara di mata para investor, baik investor dalam negeri ataupun investor asing.

"Harapan saya, bukan hanya Wings Air yang masuk ke Tanjung Selor, tapi maskapai lain juga. Garuda Airlines juga sudah menyampaikan ketertarikannya, tapi masih menunggu perpanjangan runway dan penambahan beberapa fasilitas lagi," tutup Irianto.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya