Pilgub Kaltim : Rusmadi dan Safaruddin Daftar ke KPU Kaltim

Oleh: Muhamad Yamin 10 Januari 2018 | 21:00 WIB
Pilgub Kaltim : Rusmadi dan Safaruddin Daftar ke KPU Kaltim
Bakal Calon Gubernur Kaltim Rusmadi (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran ke Ketua KPU Kaltim Taufik, Rabu (10/1/2018) di Kantor KPu Kaltim Jl Basuki Rahmat Samarinda/Bisnis.com

Bisnis.com, SAMARINDA - Bakal Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Rusmadi dan Safaruddin dari Partai PDIP dan Hanura mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim di Jl Basuki Rahmat Samarinda, Rabu (10/1/2018) pukul 17.00.

Pendaftaran paslon ini dimeriahkan dengan atraksi tarian adat budaya suku Dayak dan Jawa serta suku lainnya ada di Kalimantan Timur di depan Kantor KPU Kaltim. 

Pada pagi harinya, Rusmadi sebelumnya telah mengundurkan diri dari jabatan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kaltim. Pengunduran diri itu disampaikan tertulis dan langsung diserahkannya ke Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada pagi hari. 

Sedangkan, Safaruddin yang merupakan mantan Kapolda Kaltim masih perwira aktif kini bertugas di Mabes Polri akan pensiun pada bulan Februari 2018 dan dirinya merasa tak perlu mengundurkan diri. 

Anggota KPU Kaltim, Rudiansyah mengatakan berkas pendaftaran Rusmadi dan Safaruddin dinyatakan lengkap. Seperti, Surat Keputusan DPP Partai PDIP dan Hanura, Surat Keputusan Pengurus DPD PDIP dan Hanura Kaltim, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat tanda terima LHKPN, fotocopy NPWP dan KTP. 

"Kami sudah melakukan penelitian dokumen pendaftaran dan kami nyatakan ada. Sehingga, pasangan calon Rusmadi dan Safaruddin berhak menerima tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan," kata Rudi. 

Sebelumnya, Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Andi Sofyan Hasdam dan Nusyirwan Ismail juga telah resmi telah mendaftar ke KPU Kaltim, pada hari yang sama pukul 13.00. 

Andi Sofyan Hasdam merupakan Plt Ketua Golkar Kaltim, pengganti Rita Widyasari yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun, pasangannya calon Wakilnya Gubernur Nusyirwan merupakan Wakil Walikota Samarinda. 

Lalu, bakal pasangan calon lainnya Syaharie Jaang dan Awang Ferdian Hidayat dari koalisi partai Demokrat, PPP dan PKB direncanakan mendaftarkan diri ke KPU Kaltim pada hari yang sama, 8 Januari 2018, malam harinya pukul 23.00. 

Syaharie Jaang merupakan Walikota Samarinda dan Awang Ferdian Hidayat menjabat anggota DPR RI. Diprediksi, Pemilihan Gubernur Kaltim tahun 2018 pada Pilkada serentak akan diikuti empat bakal pasangan calon.

Dimana, pada hari pertama pendaftaran di KPU Kaltim, pada 8 Januari 2018 lalu lebih dulu pasangan calon Israan Noor dan Hadi Mulyadi dari koalisi partai Gerindra dan PKS. 

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya