Pilgub Kaltim : Simulasi Operasi Anti Money Politic Digelar

Oleh: Fariz Fadhillah 06 Februari 2018 | 21:25 WIB
Pilgub Kaltim : Simulasi Operasi Anti Money Politic Digelar
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Jelang pilkada Kaltim 2018, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kaltim memastikan telah membentuk Satuan Tugas Money Politik, Selasa (6/2). Satgas sengaja dibentuk untuk menindak pasangan calon maupun kelompok pendukung yang kedapatan atau diduga membagikan uang kepada masyarakat untuk memengaruhi hak suara.

Selain rapat kerja teknis, simulasi anti money politik turut digelar di ruang Mahakam Polda Kaltim, siang tadi. Tampak hadir seluruh kepala dan penyidik satuan reserse kriminal Polres se-Kaltimra. Simulasi guna mendeteksi adanya tindak pidana selama pilkada berlangsung di wilayah hukum Polda Kaltim yang mencakup Kalimantan Utara.

Direktur Reskrimum Kombes Pol Hilman didampingi Kabid Humas Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan penting dilakukan simulasi untuk meningkatkan pemahaman dalam proses penyidikan dan penindakan.

“Untuk menghadapi pilkada ini kita harus siap mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang ada. Jangan sampai kecolongan. Lakukan koordinasi serta komunikasi yang baik,” jelas perwira berpangkat tiga melati ini.

Pihaknya optimistis hadirnya Satgas mampu meminimalkan munculnya politik uang selama momentum pilkada. “Bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab jangan sampai memanfaatkan situasi pilkada ini,” tegasnya.

Pihaknya optimistis hadirnya Satgas dapat meminimalkan selama momentum pilkada berlangsung. Sebelumnya Satgas serupa sudah pernah diterjunkan pada saat momentum pemilihan kepala daerah 2015 dan 2016. Kala itu, satgas terbukti mampu menangkap aparat, penyelenggara pemilu dan masyarakat yang menggunakan uang guna memenangkan salah satu pasangan calon kepala daerah‎.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya