Bawa Tas Belanja, Anda Dapat Diskon 5 Persen di Ritel Modern

Pemkot Balikpapan mengimbau para pengusaha ritel untuk mengapresiasi warga yang membawa tas belanja ramah lingkungan secara mandiri berupa diskon belanja sebanyak 5%.
Pemkot Balikpapan memberlakukan pengurangan pemakaian kantong plastk di ritel modern./JIBI-Sophia Andayani
Pemkot Balikpapan memberlakukan pengurangan pemakaian kantong plastk di ritel modern./JIBI-Sophia Andayani

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemkot Balikpapan mengimbau para pengusaha ritel untuk mengapresiasi warga yang membawa tas belanja ramah lingkungan secara mandiri berupa diskon belanja sebanyak 5%.

Hal tersebut diungkapkan Plt Assiten II Bagian Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Balikpapan, Dyah Muryani, Kamis (6/7/2018)

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka mensukseskan peluncuran aturan pengurangan dan pelarangan kantong plastik dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Balikpapan No. 8 Tahun 2018.

“Jadi ba masyarakat yang belum mengetahui aturan tersebut juga lebih semangat dan tertarik untuk membawa kantong belanja ramah lingkungan dari rumah masing-masing,”ujarnya.

Dyah menyatakan saat ini pihaknya menerapkan Perwali tersebut untuk supermarket atau ritel modern yang saat ini terdata hingga 30 perusahaan ritel besar di Balikpapan. Selanjutnya, Pemkot Balikpapan akan memberlakukan Perwali No.8 Tahun 2018 tersebut pada mini market lainnya.

“Minggu kemarin sebelum lebaran sudah sosialisasi ke supermarket, rencana ke depan Pemkot akan melakukan sosialisasi ke pasar dan warung biasa,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 30 ton sampah di Kota Balikpapan merupakan kantong plastik. Untuk dapat mengendalikannya, Pemkot Balikpapan menerapkan Perwali No 8 Tahun 2018, tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Kebijakan pengurangan dan pelarangan kantong plastik tersebut disambut baik oleh pihak ritel modern, seperti yang dilakukan Yova Supermart.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sophia Andayani
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper