Kaltara Akan Buka Rekrutmen CPNS 2018

Oleh: Eldwin Sangga 26 Juli 2018 | 20:36 WIB
Kaltara Akan Buka Rekrutmen CPNS 2018
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie/BisnisEldwin Sangga

Bisnis.com, TARAKAN - Gubernur Kaltara Irianto Lambrie membeberkan bahwa tahun ini ada harapan lagi Kaltara untuk melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dia menjelaskan, sesuai dengan penghitungan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah mengusulkan 1.770 formasi.

Penetapan usulan ini didasarkan pada sejumlah isu strategis di Kaltara. Yakni pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

"Melihat beberapa pertimbangan, kita optimis usulan yang disampaikan Kaltara akan disetujui oleh pusat," ujar Irianto dalam rilisnya yang diterima Bisnis, Kamis (26/7/2018).

Dia juga sudah beberapa kali melakukan komunikasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Asman Abnur. Dan dia menyebutkan bajwa telah direspons sangat positif dan siap mendukung.

"Sesuai informasi, pengumuman penerimaan CPNS 2018 akan disampaikan oleh Kemenpan pada akhir Juli ini," bebernya.

Menurutnya, pihaknya optimistis dapat formasi. Tapi formasi apa saja, dari yang telah diusulkan ini, menunggu keputusan Kemenpan-RB.

Lantaran, sampai saat ini Kemenpan-RB masih merumuskan jumlah formasi sesuai kebijakan penerimaan CPNS secara nasional. Tentunya, ini disesuaikan pula dengan ketersediaan anggaran di setiap daerah. Utamanya, anggaran belanja aparatur.

Sesuai kebijakan Kemenpan-RB juga, mengarahkan agar pengadaan CPNS tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T). Di mana, diprioritaskan pada bidang pelayanan dasar yakni pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

"Meski tahun ini, kita telah mengusulkan 1.770 kuota formasi pengadaan CPNS, sedianya jumlah itu tetap belum ideal untuk menggenapi jumlah kebutuhan ASN di lingkup Pemprov Kaltara," katanya.

Saat ini jumlah ASN yang PNS di Pemprov Kaltara, sebanyak 3.481 orang per Juni 2018. Untuk idealnya sendiri, harus menyesuaikan dengan perkembangan kondisi dan jumlah organisasi yang ada nantinya.

Belum lagi, setiap tahun BKD membuat Anjab (Analisis Jabatan) dan ABK (Analisa Beban Kerja), pastinya ada perubahan. Termasuk, adanya PNS yang pensiun setiap tahun.

Terkait dengan rencana penerimaan CPNS ini, Irianto menginstruksikan kepada panitia daerah, dalam hal ini BKD untuk segera mempersiapkan.

"Saya yakin kita mampu menyelenggarakan, dengan beberapa pengalaman yang sudah dilakukan. Begitupun dengan para calon peserta, saya berpesan silakan mempersiapkan diri. Termasuk persyaratan-persyaratannya," pesannya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya