Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Jalan Balikpapan Banyak Gagal di 2015

Sepanjang 2015 kemarin, Pemerintah Kota Balikpapan hanya mampu melakukan pembangunan jalan sepanjang 31 kilometer dan pembangunan drainase sepanjang 15 kilometer.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Sepanjang 2015 kemarin, Pemerintah Kota Balikpapan hanya mampu melakukan pembangunan jalan sepanjang 31 kilometer dan pembangunan drainase sepanjang 15 kilometer.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan Tara Alorante mengatakan, dari 31 Km jalan yang telah dibangun, hanya 6 Km diantaranya yang merupakan jalan baru, sementara sisanya merupakan peningkatan jalan pada sejumlah lokasi.
 
“Fisik jalannya yang dibangun memang tidak kelihatan karena lokasinya terpisah-pisah. Ada jalan baru karena penduduk makin padat, jadi banyak wilayah pemukiman baru,” tuturnya, belum lama ini.
 
Selain itu, pembangunan jalan juga disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki pemerintah. Dengan anggaran pembangunan yang terbatas, Tara mengatakan pemerintah mendahulukan pembangunan proyek-proyek multiyears.
 
Dia mengaku masih banyak proyek jalan lingkungan dan infrastruktur kota yang belum dapat direalisasikan selama setahun kemarin meskipun detail engineering design sudah dibuat dengan matang.
 
“Keseluruhannya mungkin ada Rp4 triliun proyek pembangunan yang sudah punya DED, seperti proyek pembangunan jembatan Kampung Baru, pembangunan gelanggang olahraga, dan lainnya,” sambung Tara.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli mengatakan, proyek-proyek pembangunan yang telah memiliki DED akan direalisasikan secara bertahap.
 
“Banyak proyek yang sudah punya DED tapi belum ditindaklanjuti. Sejak tahun lalu kami sudah memprioritaskan proyek yang sudah punya DED untuk dibangun,” tutupnya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper