Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Berau Usul Pembentukan KEK Pariwisata

Pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur mengusulkan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata di wilayahnya.
Wilayah Kabupaten Berau dilihat dari ketinggian./beraukab.go.id
Wilayah Kabupaten Berau dilihat dari ketinggian./beraukab.go.id
Bisnis.com, BERAU - Pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur mengusulkan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata di wilayahnya.
 
Bupati Berau Muharram mengatakan, langkah untuk memajukan sebuah industri pariwisata yakni dengan membuat kawasan ekonomi khusus pariwisata di Berau ini. Apalagi potensi pariwisata di Berau ini cukup besar untuk menambah pendapatan asli daerah dan mendorong perekonomian daerah.
 
"Saat ini kami bahas bersama Kementerian Pariwisata. Nantinya akan ada satu pulau yang ada di kabupaten Berau akan dijadikan kawasan ekonomi khusus," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (18/9/2016).
 
Dengan ditetapkannya KEK Pariwisata di Berau maka secara otomatis akan ada dana dari Pemerintah Pusat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Bumi Batiwakkal.
 
Kabupaten Berau, lanjutnya, memiliki sejumlah potensi wisata. Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Berau dari Januari hingga Agustus 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung Berau mencapai 81.543 wisatawan.
 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, jumlah kunjungan wisatawan Kaltim sepanjang 2015 mencapai 100.564 wisatawan, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 62.265 wisatawan.
 
Muharram menuturkan, terdapat dua pola pengembangan pariwisata di Berau, yakni melalui masing-masing desa dan melalui investor yang bekerja sama dengan badan usaha milik desa untuk kembangkan potensi pariwisata.
 
"Jadi memang murni wisata atau dengan badan usaha milik desa  Kalau murni dinas pariwisata saja yang membenahi enggak bisa. Kami butuh investor. Banyak investor yang berminat. Dari China, India dan pengusaha Indonesia."
 
Terkait dengan keterbatasan listrik di beberapa titik wilayah Berau, dia menargetkan pada 2017 sebanyak 22 desa yang belum ada listrik akan terkoneksi. "PLN sudah mencoba mesin baru untuk membackup daya listrik yang masih kekurangan."
 
Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menuturkan, Kementerian Pariwisata meminta penyiapan lahan seluas 500 hektare untuk pembentukan kawasan ekonomi khusus pariwisata. Dalam pembentukan KEK Pariwisata in diharapkan peran aktif dari pihak swasta agar dapat cepat terealisasikan.
 
Selain itu, pemerintah pusat akan memberikan dukungan dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur di kawasan tersebut. "Promosi akan dibantu Kementerian Pariwisata dan akan diberi kemudahan perizinan."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper