Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permudah Cek Kesehatan, BPJS Kesehatan Balikpapan Luncurkan Fitur Mobile Screening

BALIKPAPAN-BPJS Kesehatan Balikpapan meluncurkan fitur baru dalam aplikasi mobilenya, yakni mobile screening, yang dapat dimanfaatkan peserta untuk pendeteksian resiko penyakit.
Tutorial mobile screening/bpjs-kesehatan.go.id
Tutorial mobile screening/bpjs-kesehatan.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN-BPJS Kesehatan Balikpapan meluncurkan fitur baru dalam aplikasi mobile-nya, yakni mobile screening, yang dapat dimanfaatkan peserta untuk pendeteksian risiko penyakit.

Fitur tersebut akan memunculkan 47 pertanyaan yang berkaitan dengan pola makan, aktifitas sehari-hari, riwayat penyakit peserta, dan pertanyaan lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Adapun jenis penyakit yang terangkum dalam pendeteksian manual itu adalah diabetes melitus, jantung koroner, hipertensi, dan gangguan ginjal kronik.

Pemilihan keempat penyakit itu bukannya tanpa alasan. Pengidap keempat penyakit tersebut biasanya baru mengetahui kondisi kesehatannya setelah penyakit sudah memasuki fase lanjut.

"Jadi nanti akan ditanya apakah punya penyakit tertentu, apakah rutin olahraga, apakah porsi makannya berlebihan. Nanti dari hasilnya akan ketahuan seberapa besar risikonya," jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Muhammad Fakhriza, Rabu (1/2/2017).

Dia mengatakan peserta dengan risiko rendah akan disarankan untuk menjaga pola hidup dan melakukan latihan fisik rutin selama 30 menit setiap hari.

Sedangkan peserta dengan resiko sedang atau tinggi, maka akan memperoleh nomor screening sekunder dan akan diarahkan untuk mengunjungi fasilifas kesehatan terdekat.

Lebih lanjut, Fakhriza mengatakan fitur-fitur dalam aplikasi mobile BPJS Kesehatan akan terus dikembangkan. Pihaknya bahkan berencana untuk menambah fitur yang dapat membantu peserta mengecek tagihan iurannya.

"Fitur-fiturnya pasti akan kami kembangkan, pemasangan fitur mobile screening ini sesuai dengan perpres, yang menyebutkan bahwa penguatan pada 2017 diarahkan pada pelayanan promotif preventif," tukasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Nur El Fathi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper