Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Balikpapan Tegaskan Aturan Kantong Plastik Berbayar Dengan Perwal

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan akan mengeluarkan peraturan wali kota mengenai pemberlakuan kantong plastik berbayar di toko ritel modern setempat.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 22 Februari 2017  |  08:59 WIB
Diet Kantong Plastik - Antara/Wahyu Putro A
Diet Kantong Plastik - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan akan mengeluarkan peraturan wali kota mengenai pemberlakuan kantong plastik berbayar di toko ritel modern setempat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Balikpapan Suryanto mengatakan saat ini kebijakan tersebut hanya berupa imbauan yang disiarkan melalui surat edaran.

Menurutnya, kepatuhan pengusaha ritel dalam penerapannya di lapangan pun tak bisa diketahui. Apalagi terjamin, karena surat edaran bukanlah produk hukum.

"Kalau hanya imbauan surat edaran, kami tidak bisa menindak pelanggaran. Tapi kalau sudah berbentuk peraturan, kan mengacu ke undang-undang, jadi bisa diterapkan sanksi administrasi atau pencabutan izin usaha," jelasnya, Selasa (21/2/2017).

Dia mengatakan sampah plastik yang diterima oleh TPA Manggar mencapai 60 ton dalam sehari. Apabila tidak dikendalikan, banyaknya produksi sampah plastik berdampak negatif.

Dalam perwali, harga satu kantong plastik masih Rp1.500, namun pengusaha ritel bisa saja menaikkan harga jual. Menurutnya, penaikan harga itu merupakan hak pengusaha.

"Kami tidak bicara soal jual belinya, tujuan dari kebijakan ini kan agar penggunaan kantong plastik berkurang, dan agar konsumen punya kesadaran untuk bawa tas kantong sendiri," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top