Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Kaltim Fasilitasi Keuangan Non Tunai Pemkot Balikpapan

Bank Kaltim Cabang Balikpapan siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan dalam menerapkan sistem transaksi keuangan non tunai.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 18 April 2017  |  17:25 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Bank Kaltim Cabang Balikpapan siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan dalam menerapkan sistem transaksi keuangan non tunai.

Hari ini, Pemkot Balikpapan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menandatangi nota kesepahaman mengenai Elektronifikasi Transaksi Keuangan.

Kesepakatan itu akan diterapkan dalam transaksi di tiap-tiap organisasi pemerintah daerah. Salah satu yang akan segera direalisasikan adalah E-parking.

"Kami siap saja bekerja sama, sudah ada OPD yang bekerja sama dengan kami, yaitu Dispenda. Kami fasilitasi sistem keuangan untuk penerimaan retribusi daerah," jelas Kepala Cabang Bank Kaltim Balikpapan Muhammad Hidayat, Selasa (18/4/2017).

Pihaknya juga telah menyosialisasikan produk ke sejumlah OPD Pemkot Balikpapan. Kantor pusat Bank Kaltim juga telah menyanggupi dan siap menyediakan sistem keuangan non tunai.

Menurutnya, saat ini sistem pada masing-masing OPD masih harus diselaraskan dengan sistem yang ada pada Bank Kaltim. Kendati telah bekerja sama, sistem yang digunakan masing-masing OPD berbeda.

"Jadi ke depannya harus diselaraskan. Dulu waktu belum kami fasilitasi, masing-masing OPD menerima pembayaran melalui vendornya masing-masing," ungkap Dayat.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini masyarakat, khususnya nasabah Bank Kaltim sendiri, masih cenderung lebih menyukai bertansaksi secara tunai. Padahal, risiko transaksi tunai tergolong tinggi.

"Kontraktor saja masih ada yang menarik tunai hingga Rp200 juta untuk kebutuhan belanjanya, padahal membawa uang sebanyak itu kan berisiko," tutupnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot balikpapan bank kaltim
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top