Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kalbar Jaga Ketersediaan Daging & Cabai Jelang Puasa

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar menjamin ketersediaan sejumlah kebutuhan pokok dan komoditas menjelang bulan puasa pada Mei-Juni mendatang.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 25 April 2017  |  20:30 WIB
Penjual daging sapi. - JIBI/Nurul Hidayat
Penjual daging sapi. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, PONTIANAK -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar menjamin ketersediaan sejumlah kebutuhan pokok dan komoditas menjelang bulan puasa pada Mei-Juni mendatang.

Kadisperindag Kalbar Muhammad Ridwan mengatakan, komoditas yang rawan mengalami kenaikan harga dan pasokannya langka menjelang hari raya di daerah ini seperti daging ayam dan sapi, serta cabe rawit dan cabe keriting.

"Kami sudah mulai memantau pasar tradisional jauh-jauh hari termasuk intruksi saya minta hingga ke kabupaten kota untuk melihat komoditas apa saja supaya harga tidak bergejolak," kata Ridwan, Selasa (25/4/2017).

Menurutnya, setiap kabupaten dan kota diminta sudah harus mencatat komoditas yang rawan langka atau banyak permintaan dari komsumen saat bulan Ramadhan tiba.

Sehingga, lanjutnya, daerah lain yang surplus komoditas tertentu bisa mendistribusikan komoditas-komoditas tersebut untuk daerah yang mengalami difisit.

"Kalau kabupaten dan kota tidak bisa saling melengkapi segera informasikan ke provinsi supaya provinsi lain bisa bantu kita," mintanya.

Kendati demikian, kata Ridwan, pihaknya mengapresiasi cara sebagian masyarakat yang mulai mengantisipasi kelangkaan cabe rawit dengan menanam komoditas tersebut di pekarangan rumah.

"Kami imbau supaya masyarakat mau menanam cabe di pekaraan rumah untuk mengantisipasi lonjakan harga," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalbar sembako
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top