BPJS TK Kalimantan Dorong Kepesertaan Masyarakat Bukan Penerima Upah

BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan bekerja sama dengan Pemkot Balikpapan untuk mencanangkan pasar sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di Pasar Pandansari.
Nadya Kurnia | 06 November 2017 20:07 WIB
Petugas BPJS Ketenagakerjaan melayani warga di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Daerah Istimewa Yogyakarta, DI Yogyakarta, Kamis (22/6). - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, BALIKPAPAN--BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan bekerja sama dengan Pemkot Balikpapan untuk mencanangkan pasar sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di Pasar Pandansari.

Pencanangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bukan penerima upah mengenai pentingnya jaminan ketenagakerjaan.

Kini sebanyak 437 pedagang di Pasar Pandansari yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan sisa kepesertaan pedagang lainnya masih dalam proses.

"Ke depannya kami ingin canangkan mall sadar jaminan ketenagakerjaan, kan di mall banyak pekerjanya," ujar Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan Heru Prayitno, Senin (6/11/2017).

Dia pun berharap pemerintah daerah setempat ikut mendorong kesadaran masyarakat bukan penerima upah untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, masyarakat bukan penerima upah atau badan usaha kecil dan mikro dapat mendaftar dengan membayar iuran terendah, yakni hanya Rp16.800 per orang.

"Dengan Rp16.800 bisa memperoleh dua jaminan, yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Manfaatnya pun sama dengan peserta lain yang membayar iuran paling mahal," ungkap Heru.

Tag : kalimantan, bpjs ketenagakerjaan
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top