Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Bentuk Tim Pemeriksa Hewan Kurban

Disnak Hewan Kalimantan Timur menetapkan tim pengawas dan pemeriksa hewan atau daging kurban tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk menyambut Iduladha 1439 Hijriah.
Ilustrasi hewan kurban/Antara
Ilustrasi hewan kurban/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan (Disnak Hewan) Kalimantan Timur menetapkan tim pengawas dan pemeriksa hewan atau daging kurban tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk menyambut Iduladha 1439 Hijriah.

Kepala Disnak Keswan Kaltim Dadang Sudarya mengatakan tim hewan kurban sudah memeriksa di tempat-tempat penjualan ataupun penampungan ternak.

"Tim mengawasi pemotongan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sehingga kesehatan dan dagingnya dikonsumsi masyarakat," kata Dadang melalui siaran pers pada Selasa (7/8/2018).

Dia menyebutkan ada 50 orang dalam tim setingkat provinsi dan 25 petugas untuk kabupaten dan kota yang bekerja menjelang hari raya kurban pada tahun ini.

"Tim mendatangi satu per satu tempat penjualan maupun hewan kurban di masing-masing daerah wilayah kerja tim," ujarnya.

Menurutnya, hasil dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban ditandai dengan dengan diberikannya tanda sehat per individu hewan atau per ekor serta keterangan kesehatan hewan dari tim pengawas.

Dadang mengatakan hewan kurban yang akan dibeli masyarakat untuk dipotong atau sembelih harus sehat, tidak cacat, dan tidak kurus.

Dia menyebutkan ciri hewan kurban sehat seperti aktif bergerak, nafsu makan baik, rambut atau bulu tidak kusam, hidung basah, mata bersinar, mulut, hidung anus bersih.

"Selain itu, hewan kurban selayaknya tidak cacat di mana telinga tidak rusak, ekor tidak pincang, tidak buta, serta buah zakar dan lengkap," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper