Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Singkawang Bantu Kelompok Peduli Mangrove

Pemkot Singkawang memberikan bantuan berupa satu unit kapal dan mesin speed boat beserta pelampung untuk kelompok peduli mangrove Surya Perdana Mandiri Singkawang.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 13 Desember 2018  |  20:45 WIB
Ilustrasi - Antara/Ampelsa
Ilustrasi - Antara/Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemkot Singkawang memberikan bantuan berupa satu unit kapal dan mesin speed boat beserta pelampung untuk kelompok peduli mangrove Surya Perdana Mandiri Singkawang. 

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang, Yusnita mengatakan, bantuan itu memiliki manfaat sangat berguna untuk pengawasan pelestarian kawasan konservasi dan jenis ikan yang dilindungi.

"Saya berharap dengan adanya bantuan ini, perkumpulan peduli Mangrove Surya Mandiri dapat menjaga dan memanfaatkan bantuan yang telah diterima dengan sebaik-baiknya. Selain itu, membantu meningkatkan pemahaman bagi masyarakat tentang  pentingnya keberadaan ekosistem mangrove dan biota laut di sekitarnya yang dilindungi," kata Yusnita dari siaran pers Pemkot Singkawang, Rabu (12/12). 

Dia mengatakan, keberadaan ekosistem mangrove sangat besar manfaatnya terutama bagi sektor perikanan. Kawasan hutan mangrove merupakan daerah atau tempat mencari makan bagi ikan, udang dan kepiting. Sekaligus merupakan daerah asuhan/tempat ikan-ikan kecil berlindung. 

Dia mengatakan, rusaknya ekosistem mangrove, akan berakibat pada menurunnya produksi perikanan. Dampak inilah yang akan dirasakan langsung oleh nelayan Kota Singkawang. 

"Sehingga tumbuhan mangrove dari jenis Rhizophora sangat efektif dalam melindungi garis pantai dari tekanan gelombang," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singkawang mangrove
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top