ASN se-Kalimantan Dilatih Teknis Sistem OSS

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Online Single Submission atau OSS untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota Balikpapan.

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Online Single Submission atau OSS untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota Balikpapan.

Dengan mengundang seluruh kementerian/lembaga yang terkait perizinan, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Free Trade Zone (FTZ), Kawasan Industri (KI) serta daerah yang memiliki nilai investasi tinggi.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Bambang Adi Winarso mengatakan, sejak awal Mei 2018, tim OSS fokus melaksanakan bimbingan teknis agar seluruh instansi di pusat dan daerah bisa lebih dulu mengenal sistem ini sebelum diluncurkan.

"OSS merupakan salah satu elemen kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 91/2017. Instrumen kebijakan lainnya adalah Satgas Pengawalan Berusaha dan Reformasi Regulasi," katanya, Jum’at (14/12/2018).

Ia mengatakan saat ini pemerintah baru menyentuh 20 sektor bidang perizinan. Rencana kedepan data OSS juga bisa disinkronisasikan pada program One Map Policy untuk memitigasi tumpang tindih lahan yang kerap menjadi kendala para investor di Indonesia. Segala penyempurnaan dalam menjalankan program tersebut akan dilakuan dan ia berjanji kedepan akan menjadi lebih baik.

Sebelumnya, Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menyambut baik kegiatan tersebut. Sebagai tuan rumah Rizal bangga dan berharap Kota Balikpapan akan menjadi mampu menjadi kota percontohan penyelenggaraan OSS untuk wilayah Kalimantan.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan sebagai garda terdepan mampu menghilangkan paradigma lama, dunia sudah berubah kita harus merubah sikap mental kita sebagai aparatur negara untuk melayani masyarakat dengan maksimal melalui OSS ini,” ungkap Rizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Sophia Andayani
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler