Wagub Kaltim Minta Warga Tolak Tambang Batubara Ilegal

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi meminta masyarakat tidak memberikan izin terhadap pihak-pihak yang ingin melakukan praktik pertambangan batu bara liar atau illegal mining. 
Yanuarius Viodeogo | 29 Desember 2018 14:10 WIB
Tambang batu bara. - Bloomberg/Luke Sharrett

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi meminta masyarakat tidak memberikan izin terhadap pihak-pihak yang ingin melakukan praktik penambangan batu bara liar atau illegal mining
 
Dia mengungkapkan masih banyak kegiatan pertambangan batu bara yang tidak berizin dan tidak taat aturan sehingga banyak mudarat atau masalah yang timbul, dibandingkan dengan manfaat bagi masyarakat sekitar dan lingkungan. 
 
"Saya minta bapak-bapak [warga] jangan mau tanda tangan. Jangan mudah terbujuk kalau ada orang minta persetujuan untuk melakukan penambangan di sekitar rumah atau pemukiman," tegas Hadi dalam keterangan resmi yang disiarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (28/12/2018). 
 
Hal itu disampaikannya ketika mengunjungi Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kamis (27/12). Warga diharapkan tegas menolak kegiatan pertambangan di sekitar pemukiman dan tidak mudah terbujuk serta memberikan tanda tangan untuk kegiatan pertambangan batubara ilegal.
 
Dia mengaku prihatin atas kegiatan pertambangan yang tidak ramah lingkungan serta menyebabkan kerusakan alam serta korban jiwa. Selain itu, warga juga kehilangan lahan-lahan potensial pertanian yang telah beralih fungsi dan akhirnya hilang. 
 
"Warga melaporkan ke dinas atau instansi berwenang. Ada lembaga penegak hukum yang bisa menindak pihak maupun perusahaan tambang yang berkegiatan tapi melanggar aturan," ucapnya.

Tag : kaltim, batu bara
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top