Pemkab Tapin Butuh SDM Ahli Kelola Solar Cell

Bupati Kabupaten Tapin Arifin Arfan berujar, di daerahnya belum tersedia tenaga ahli yang mampu melakukan pemeliharaan solar cell.
Denis Riantiza Meilanova | 04 Januari 2019 23:53 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANJARBARU - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun anggaran 2018 membangun 60 unit Penerangan Jalan Umum – Tenaga Surya untuk Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Pemerintah Kabupaten Tapin pun meminta agar pemberian bantuan tersebut juga diiringi dengan pelatihan pemeliharaan.

Bupati Kabupaten Tapin Arifin Arfan berujar, di daerahnya belum tersedia tenaga ahli yang mampu melakukan pemeliharaan solar cell.

"Syukur kami dapat (Penerangan Jalan Umum – Tenaga Surya/PJU-TS) cuma tanggung jawab pemeliharaan cukup sulit. Kalau bisa Kementerian ESDM beri pendidikan seminggu dengan biaya Pemda enggak masalah," ujarnya usai acara Peresmiab Penyerahan PJU-TS di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (4/1/2019).

Dengan pelatihan pemeliharaan dia berharap bantuan yang telah diberikan bisa tahan lama.

Menurutnya, kebutuhan PJU-TS di wilayahnya cukup tinggi mengingat masih banyak daerah yang belum teraliri listrik PLN. Oleh karena itu, keberadaan SDM yang mampu melakukan pemeliharaan solar cell diperlukan agar PJU-TS dapat terkelola dengan baik.

"Banyak desa yang belum dapat penerangan jalan dan aliran listrik. Saya bisa mintakan ESDM tapi saya enggak berani mintakan kalau yang sudah diberikan tidak terkelola dengan baik," katanya.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top