Gubernur Kalbar Target 20% APBD Untuk Dana Desa

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menargetkan kucuran dana desa sebesar 20% dari APBD provinsi untuk dialokasikan ke program pembangunan desa pada 2020 supaya tujuan pertumbuhan ekonomi meningkat 5,35%. 
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 09 Februari 2019  |  10:37 WIB
 Gubernur Kalbar Target 20% APBD Untuk Dana Desa
Gerbang Kabupaten Situbondo - Ilustrasi/allatansau.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menargetkan kucuran dana desa sebesar 20% dari APBD provinsi untuk dialokasikan ke program pembangunan desa pada 2020 supaya tujuan pertumbuhan ekonomi meningkat 5,35%. 

Sutarmidji mengatakan, dari target itu akan dibelanjakan antara Rp400 miliar hingga Rp500 miliar langsung ke desa sehingga dirasakan langsung masyarakat pedesaan. 

"APBD Kalbar diperkirakan Rp6 triliun pada 2020, dengan target 20% konkrit. Saya mau desa menjadi ujung tombak pembangunan di Kalbar dan itu harus jelas," kata Sutarmidji dari siaran pers Pemprov Kalbar, Jumat (8/2/2019). 

Selain dapat bersumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi, kata Sutarmidji, dana desa sebesar 20% itu mampu menekan angka kemiskinan menjadi 6,43% dan pengangguran terbuka mencapai 3,63%. 

"Sudah saatnya, kita [Kalbar] membuat program yang harus dapat dirasakan masyarakat pedesaan. Kepada semua kepala SKPD [Satuan Perangkat Kerja Daerah] dalam penggunaan anggaran harus belanja menyentuh kepentingan masyarakat desa," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dana desa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top