Yuk, Berwisata ke Kebun Raya Balikpapan

Selain Pantai, saat berada di Balikpapan, tak ada salahnya Anda juga berwisata ke Kebun Raya Balikpapan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  16:25 WIB
Yuk, Berwisata ke Kebun Raya Balikpapan
Kebun Raya Balikpapan, edukasi agriwisata di Kalimantan Timur. - Bisnis/Gloria FK. Lawi

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Selain terkenal sebagai kota di pesisir pantai, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur juga menyajikan arena wisata tanaman.

Datanglah berwisata ke Kebun Raya Balikpapan di Kilometer 13, di sana Anda dapat menyaksikan berbagai jenis tanaman endemik Kalimantan.

Kebun Raya Balikpapan atau KRB tercatat sebagai salah satu kebun raya terluas di Indonesia yakni 309,2 hektare.

Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit sampai 45 menit dari pusat Kota Balikpapan ke Kebun Raya Balikpapan. Alamat lengkap kebun raya ini adalah di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa mengakses angkutan umum dari Terminal Batu Ampar. Namun, jumlah angkutan jurusan hingga kilometer 24 perbatasan Kotamadya Balikapapan dan Kabupaten Kutai Kertanegara itu tidak terlalu banyak. Oleh karena itu alternatif terbaik adalah kendaraan pribadi atau sewa kendaraan.

Jangan kaget jika sesampainya di kilometer 13, Anda masih harus menyusuri jalan yang sempit dan cukup berbatu. Tapi semua itu akan terbayar begitu Anda sampai di lokasi.

Kebun raya ini satu arah dengan kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Tak mengherankan jika di sekitar area masuk Kebun Raya Balikpapan ramai rumah kos untuk mahasiswa maupun pengajar.

Pada akhir pekan, berdasarkan pantauan Bisnis.com, Sabtu (23/2/2019) pengunjung Kebun Raya Balikpapan terpantau cukup ramai.

Di lokasi parkir terdapat banyak bus yang mengangkut anak-anak sekolah untuk mengenal agrowisata di lokasi ini.

Terdapat waduk buatan, lamin atau rumah singgah untuk edukasi wisatawan, serta rumah adat khas Dayak, Kalimantan Timur, yang dapat dipakai untuk ruang pertemuan mahasiswa ITK. 

Di sisi juga tersedia fasilitas umum seperti toilet, mushola, kafe mini berbentuk bulat.

Pengunjung perorangan ke Kebun Raya Balikpapan tidak dikenai tarif masuk. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kebun raya secara kelompok untuk kegiatan massal dikenai biaya dengan tarif sukarela.

Kondisi di sekitar Kebun Raya Balikpapan terbilang bersih, tidak lah sampah bertebaran. Kalau pun ada itu hanya sampah organik berupa daun-daun kering dari tanaman.

Pecinta traveling diharapkan menyewa jasa pendamping untuk menjelaskan sekitar 1.200 spesies tanaman di Kebun Raya Balikpapan ini.

Selamat berwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balikpapan, kebun raya

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup