Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isran Noor : Selesaikan Tol Balikpapan-Samarinda Sebelum Jalur ke Bontang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berharap pemerintah pusat bisa memperkuat koordinasi untuk merampungkan Tol Balikpapan-Samarinda.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berharap pemerintah pusat bisa memperkuat koordinasi untuk merampungkan Tol Balikpapan-Samarinda sebelum menyusun rencana lanjutan tol menuju Bontang.

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan sebelum mengumumkan rencana pembangunan tol ke Bontang, pemerintah pusat perlu berkomitmen untuk segera mengoperasikan tol Balikpapan-Samarinda atau Tol Balsam.

“Itu [Tol Balikpapan-Samarinda] belum selesai. Fokus dulu di Balsam, baru mengarah ke Bontang,” kata Isran Noor di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan, Jumat (29/3/2019).

Dia menyatakan, sisa pengerjaan Tol Balikpapan-Samarinda yang dikerjakan oleh PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda ini memang sudah tersisa 20% lagi. Dia optimistis bahwa pengerjaan tol ini bisa selesai dalam tahun ini. Dia juga memprediksi tol Balsam baru bisa sepenuhnya beroperasi pada akhir 2019.

Sebelumnya, Pasangan calon presiden nomor urut 01 dan petahana, Joko Widodo, berjanji akan melanjutkan pembangunan tol Balikpapan-Samarinda fase berikutnya sampai ke Bontang. Dalam kampanyenya, dia tak menampik bahwa pengoperasian Tol Balsam memang kerap mengalami kemunduran dari target awal. Saat ini sisa pengerjaan tinggal 20%. Adapun jalan tol pertama di Bumi Etam itu memiliki panjang 99,35 kilometer.

"Jadi, Balikpapan-Samarinda yang biasanya ditempuh 3 jam nantinya jalan ini maksimal 1 jam," ujar Jokowi disambut riuh massa pendukung yang memenuhi BSCC Dome, Kamis (28/3/2019).

Dia menyatakan kondisi diungkapkan agar ke depannya bisa menjadi proyek untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur ke kawasan lain di Kalimantan Timur.

"Supaya semua tahu setelah Balikpapan-Samarinda eksis, tol juga akan diteruskan naik ke Bontang," sambung Jokowi disusul tepuk tangan dan teriakan namanya.

Bisnis mencatat, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) optimistis meresmikan dan mulai mengoperasikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda pada April 2019. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga menyebut jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini terdiri dari lima seksi.

Ungkapan Jokowi bukanlah hal baru, rancangan pembangunan tol sampai Bontang sudah diutarakan sejak 2018. Jalur tol Samarinda-Bontang adalah bagian dari rencana pemerintah pusat yang diawali dari rute Balikpapan-Samarinda.

Adapun ruas Bontang-Samarinda diperkirakan sekitar 94 kilometer. Total investasi yang diprediksi ruas tersebut sebesar Rp13,40 triliun. Asal tahu saja, jarak Bontang-Samarinda sekitar 120 kilometer dengan jalan nasional yang kondisinya tidak terlalu bagus. Jika tol jadi dibangun, maka pengemudi akan memangkas jarak tempuh perjalanan 26 kilometer.

Asal tahu saja terkait perkembangan pembangunan tol Balsam untuk Seksi I Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 kilometer saat ini dalam tahap konstruksi dengan progres sebesar 96,82%.

Seksi II Samboja-Muara Jawa dengan panjang 30,98 kilometer dengan progres konstruksi sebesar 83,73% dan Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer progresnya sebesar 97,21%. Kedua seksi tersebut ditargetkan akan rampung pada Maret 2019.

Seksi IV Palaran-Samarinda dengan panjang 17,95 kilometer progresnya sudah mencapai 75,33% dengan target rampung Juli 2019.

Adapun progres yang paling lambat adalah di Seksi IV. Pasalnya masih ada beberapa bidang di area itu yang menghadapi kendala teknis. Salah satunya terkait kegiatan yang masih dilakukan dengan warga setempat sekitar Taman Hutan Raya Bukit Suharto.

Selain itu juga sempat ada kendala akibat lubang bekas galian tambang di Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran di Seksi IV meski tidak memberi dampak besar terhadap proyek tol Balsam. Pasalnya, pihak JBS sudah melakukan relokasi, sehingga menjauhkan trase dari lubang galian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler