Selama Lebaran, Kepulauan Derawan Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Destinasi wisata bahari di Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan ramai wisatawan H-2 Lebaran sampai dengan H+4 Lebaran.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  22:14 WIB
Selama Lebaran, Kepulauan Derawan Jadi Destinasi Favorit Wisatawan
Pemandangan pantai di Kepulauan Derawan - www.diversiondivetravel.com.au

Bisnis.com, TANJUNG REDEB – Destinasi wisata bahari di Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan ramai wisatawan H-2 Lebaran sampai dengan H+4 Lebaran.

Pengusaha Agen Travel dan Tour Sandy Trip di Samarinda, Sandy, menceritakan setiap tahun Kepulauan Derawan selalu menjadi primadona pilihan para wisatawan untuk berlibur saat Lebaran maupun Natal dan liburan akhir tahun.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com pada Sabtu (8/10/2019) yakni H+3 Lebaran, tidak ditemukan lagi ruang parkiran untuk wisatawan yang baru datang ke Pelabuhan Sidayang, Tanjung Batu, untuk menyeberang ke Pulau Derawan. Keramaian wisatawan yang baru datang maupun baru pulang dari Derawan memenuhi pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tersebut.

“Biasanya memang kalau liburan akan sepadat ini. Makanya saya tidak membuka trip pada Lebaran, tetapi sesudahnya,” ujar Sandy kepada Bisnis.

Tampak juga Pos Pelayanan Idul Fitri dari Polsek Pulau Derawan yang menjaga tepat di depan pintu masuk Pelabuhan Sidayang. Bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, pihak kepolisian nampak mengatur lalu lintas para wisatawan yang baru masuk ke Derawan maupun yang keluar.

Selain kepadatan ruang parkir, keterisian speedboat sebagai transportasi penyeberangan juga sangat padat. Sandy berujar kepada Bisnis sulitnya menjadi speedboat karena para agen travel harus berlomba dengan agen lain maupun wisatawan.

“Biasanya para pemilik speedboat jadi lebih memilih melayani para wisatawan yang datang tanpa agen. Sementara kami datang dengan wisatawan dari berbagai latar belakang dan mancanegara. Apalagi wisatawan para agen itu tidak mengenal waktu liburan. Tapi musim begini kami jadi tidak diutamakan,” papar Sandy.

Infrastruktur Minim

Tingginya angka wisatawan menuju Kepulauan Derawan belum berbanding lurus dengan perbaikan akses jalan dan ketersediaan bahan bakar minyak yang sangat terbatas.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com pada Senin (10/6/2019) lalu, sekitar pukul 12.00 WITA, para wisatawan di Kepulauan Derawan semakin sepi. Hal ini terlihat dari ruang parkir di Pelabuhan Sidayang, Tanjung Batu, yang tampak lengang. Destinasi wisata bahari di Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan ini memang terpantau ramai wisatawan H-2 Lebaran sampai dengan H+4 Lebaran.

Pengusaha Agen Travel dan Tour Sandy Trip di Samarinda, Sandy, menceritakan setiap tahun Kepulauan Derawan selalu menjadi pilihan para wisatawan untuk berlibur saat Lebaran maupun Natal dan liburan akhir tahun. Namun destinasi ini belum didukung dengan perbaikan akses jalan ataupun perbaikan infrastruktur.

“Kalau dilihat sepanjang jalan tampilannya masih belum rapi dan bagus. Padahal Tanjung Batu ini jalan menuju Derawan,” ujar Sandy kepada Bisnis, Selasa (11/6/2019).


Sesampainya di Derawan, keramaian nampak dari tingkat keterisian cottage dan homestay yang penuh. Salah satu pengelola homestay dan cottage di Pulau Derawan, Cucun, mengatakan pada musim liburan para wisatawan dengan agen maupun non agen akan memesan kamar. Kondisi ini menyebabkan tingkat permintaan kamar semakin tinggi.

Berdasarkan pantauan Bisnis, sejumlah wisatawan mulai meninggalkan Derawan pada Minggu (9/6/2019). Meski diguyur hujan, para wisatawan keluar dan cottage dan homestay menuju Pelabuhan Sidayang. Hal ini mengingat pada Senin, (10/6/2019), aktivitas sudah berlangsung seperti biasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pulau derawan

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top